Jumat, 11 Mei 2012

DUBES: VLADIVOSTOK


DUBES: VLADIVOSTOK PENTING BAGI KERJASAMA INDONESIA-RUSIA

         London, 3/5 (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia Djauhari Oratmangun mengatakan Vladivostok saat ini semakin penting bagi peningkatan kerjasama Indonesia dengan Rusia di berbagai sektor seperti investasi, perdagangan, pendidikan dan pariwisata.

        Hal tersebut disampaikan Dubes Djauhari Oratmangun saat bertemu dengan Gubernur Primosrky Krai Vladimir Mikhlushevsky di Vladivostok, demikian Sekretaris Dua KBRI Moskow, Enjay Diana kepada ANTARA London, Rabu.

        Vladivostok, bukan saja merupakan salah satu kota terbesar dan berkembang di wilayah Timur Jauh Rusia yang menjadi tuan rumah KTT APEC September 2012, tetapi juga jadi jembatan penghubung perekonomian dan perdagangan Rusia dan Eropa Tengah dan Timur lainnya dengan kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

        Dalam pertemuan tersebut, Vladimir Mikhlushevsky menyatakan wilayah Primorsky Krai dan kota Vladivostok sebagai pusat pertumbuhan ekonomi wilayah Timur Jauh Rusia. Wilayah ini berbatasan langsung dengan kawasan pertumbuhan ekonomi Asia Timur dan dekat dengan pusat-pusat perkembangan ekonomi APEC.

        Hal ini menjadi alasan Rusia memilih Rusky Island di Vladivostok menjadi lokasi KTT APEC September 2012 mendatang, kata Vladimir Mikhlushevsky. Diharapkannya Indonesia dapat berperan aktif memanfaatkan geliat ekonomi wilayah Timur Jauh Rusia ini
   Menanggapi hal tersebut, Dubes Djauhari Oratmangun menyampaikan niatnya untuk segera mendorong para pelaku bisnis Indonesia memanfaatkan potensi ekonomi yang dimiliki Primorsky Krai.¿Kita akan mengajak sektor pemerintah dan swasta Indonesia untuk lebih sering berkunjung ke Vladivostok,¿ ujar Dubes Djauhari Oratmangun.

        Menurut Dubes, waktu tempuh perjalanan udara langsung Vladivostok-Indonesia hanya kurang lebih 6 jam. Lebih pendek dari penerbangan langsung Vladivostok-Moskow yang mencapai 9 jam atau Moskow-Jakarta.

        Ketertarikan untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan dengan Indonesia diungkapkan juga oleh Ketua KADIN Primorsky Krai Vladimir Brezhnev dalam pertemuan terpisah dengan Dubes Djauhari Oratmangun.

        Sementara itu, dalam pertemuan dengan Acting Rektor Far Eastern Federal University (FEFU) Igor Vatulin dibahas berbagai upaya peningkatan kerjasama di bidang pendidikan, seperti pengiriman mahasiswa dan tenaga pengajar.

        Dubes Djauhari Orantmangun memberikan kuliah umum tentang perkembangan hubungan Indonesia-Rusia kepada staf pengajar dan mahasiswa FEFU.

        "Kami berterima kasih atas dukungan KBRI Moskow selama ini terhadap kelangsungan Jurusan Bahasa Indonesia dan Pusat Studi dan Budaya Indonesia di FEFU," kata Igor Vatulin.

        Menurut Sekretaris Satu KBRI Moskow Dodo Sudradjat, selama di Vladivostok, Dubes Djauhari Oratmangun berkesempatan meninjau infrastruktur dan fasilitas penyelenggaraan KTT APEC 2012 di Rusky Island yang berjarak 20 km dari kota Vladivostok dimana Indonesia akan hadir. ***2***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 03-05-2012 03:59:34

Tidak ada komentar: