Kamis, 31 Mei 2012

SAPTA NIRWANDAR


         
          SAPTA: BELUM SEMUA DAERAH TERWAKILI DI FLORIADE

         Venlo, Belanda, 30/5 (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengakui bahwa tidak semua daerah yang terwakili di pameran Holtikultura Floriade 2012 yang berlangsung di kota Venlo, Belanda, yang berbatasan dengan Jerman dan Belgia.

        Dalam penyelenggaraan event 10 tahunan Floriade, yang berlangsung dari bulan April hingga Oktober mendatang Indonesia mengusung "Wonderful Islands" menampilkan hanya beberapa rumah adat Indonesia seperti rumah Toraja, Dayak, Betawi, bale nengong Gazbo, Kul kul Tower dan replika Borobudur.

        "Memang belum semua rumah adat daerah yang terwakili," ujar Wakil Menteri Kementerian Pariwisata dan EKonomi Kreatif, Sapta Nirwandar kepada ANTARA London, Rabu.

        Kehadiran Sapta yang menjadi ketua komite Floriade, di Venlo dalam rangka memimpin rapat teknis dan follow up panyelenggaraan Floriade yang akan berlangsung hingga Oktober mendatang.

    Usai rapat, Sapta mengajak peserta rapat komite Floriade yang datang dari berbagai negara untuk menikmati kekayaan budaya Indonesia dengan menampilkan tim kesenian termasuk kuliner.

        Dikatakannya Indonesia sebagai negara besar dan sudah masuk dalam G20  harus bangga dengan kekayaan yang dimiliki dan juga prespektif budaya yang sangat bervariasi diakui oleh dunia.

        Menurut Sapta Nirwandar, Floriade merupakan event 10 tahunnan yang unik kali ini bertemakan holtikultura yang dimanfaatkan Indonesia untuk mempromosikan tidak saja holtikultura tetapi juga budaya.

        Untuk itu kehadiran para anggota Komite FLoriade yang berasal dari 42 negara dimanfaatkan oleh Sapta Nirwandar mengajak mereka ke pavilion Indonesia untuk menikmati kuliner dan penampilan kesenian Indonesia yang dibawakan  musisi dari sangar tari Ayoub Zhikrah dengan para penari terdiri dari Vetty Ramasita, Ardhiah Daryanti dan Mina Meylina  si Putri Malam, serta music Armen Suwandi, Mukhlis Ansari dan Ayoub Asra Sykra. 
   Selama seminggu mengisi acara di pavilion Indonesia Floriade dengan menampilkan tari tarian  seperti Tari Kalenyek yang menceritakan tentang mudah mudi, Tari Kembang Topeng Betawi, Lenggan Betawi dan Tari Dayak, dan dari Pakkarena dari Sulawesi dan Tari Zarra Japin.

        "Saya senang bisa menampilkan kesenian Indonesia di pameran holtikultura Floriade yang diadakan 10 tahun sekali," ujar Pimpinan Sangar Ayoub Zhikrah kepada ANTARA London.

        Pada saat acara pembukaan Floriade April lalu kami juga mendapat kehormatan mengisi acara yang dihadiri tamu kehormatan para Dubes dan pimpinan
   Sementara Mina Meylina mengatakan bahwa sebagai penari bisa tampil mengisi acara di Floriade menjadi suatu kehormatan dan Mina Meylina senang mengajak undangan untuk menari bersama.

        Dengan menampilkan berbagai obyek wisata Indonesia seperti replica Candi Borobudur dan rumah adat dari berbagai daerah Indonesia berupaya menarik wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Floriade,.

        Belanda merupakan salah satu tujuan utama wisata dunia dan berbagai event budaya, pameran dan konvensi Internasional berskala besar banyak diselenggarakan di Belanda.

        Selain itu bandara Schiphol merupakan salah satu dari bandara di Eropa yang menjadi pintu masuk utama ke seluruh wilayah Eropa, meraih urutan ke-empat untuk jumlah penumpang sebesar 42.541.000 orang pertahun
   Apalagi dengan adanya penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam membuka peluang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari Eropa khususnya Belanda.

        Event yang diadakan setiap 10 tahun sekali ini keikutsertaan Indonesia adalah untuk yang ketiga kalinya yaitu Floriade tahun 1992 di Zoetermeer, Rotterdam tahun 2002 di Harlemmermeer, Amsterdam.

        Sementara Floriade sendiri telah berlangsung sejak tahun 1964 yang diadakan di Euromaas, Rotterdam, 1972 Amsterdam Park, 1982 Gasper Plazt, Belmeermeer, 1992 Zoetermeer , Rotterdam, 2002 Harlemmermeer, Amsterdam dan 2012 Venlo, Limburg.

        Pameran Holtikultura terbesar di dunia yang menjadi Proyek Kerajaan Belanda di area 66 hektar itu secara resmi dibuka oleh Ratu Beatrix pertengahan April lalu, diikuti 40 negara dan dikunjungi dua juta orang.

        Floriade yang bertema "Be part of the theatre in nature, get closer to the quality of life," dengan sub tema Relax & heal, Green Engine, Education & Innovation, Environment and World Show Stage mengajak pengunjung dalam mendapatkan sensasi alam dari berbagai negara.

        Venlo, salah satu kota yang berada di Provinsi Limburg di selatan Belanda, berbatasan dengan Jerman dan Belgia, merupakan HUB untuk daerah Belanda, Jerman dan Belgia, yang memiliki tradisi sebagai kota dagang.

        Selama pelaksanaan Floriade, di kota Venlo sedang dikembangkan sebagai kota komersial dan provinsi Limburg sebagai pusat industri di segitiga Belanda, Jerman dan Belgia itu digelar berbagai kegiatan diantaranya Forum Bisnis & Investasi, Formal - Informal Gathering, Pertunjukan Seni dan Budaya, Demonstrasi dan Peragaan dan Multimedia Expose.

        dengan keikutsertaan Indonesia di Floriade 2012 diharapkan Indonesia dapat menjaring dan meningkatkan kunjungan wisatawan Eropa ke Indonesia selain memperoleh kesepakatan kerjasama untuk berbagai peluang yang ditawarkan serta membangun jaringan kerjasama antar pelaku bisnis.

        "FLoriade juga diharapkan akan dapat membentuk opini positif dari masyarakat international terhadap potensi Indonesia," ujarnya selain membangun jaringan persahabatan antar masyarakat dengan Eropa khususnya Belanda.

        Keikutsertaan Indonesia di Floriade mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan , Kementerian Koperasi & UKM, Kementerian Kehutanan, BAPPENAS, BKPM, KBRI Den Haag, KBRI Brussels.

        Selama berlangsung Floriade, Indonesia juga menampilkan misi kesenian di panggung utama diantaranya Ambon Jazz dan kesenian dari Papua  yang juga mendapat sambutan ***2***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 30-05-2012 13:31:34

Tidak ada komentar: