Minggu, 07 Oktober 2012

DUBES HARSHA



DUBES HARSHA TERIMA PENGHARGAAN DARI PRESIDEN SLOVAKIA

         London, 2/10 (ANTARA) -  Duta Besar RI Harsha E Joesoef mendapat penghargaan dari Presiden Republik Slovakia berupa "Presidential Medal of the Slovak Republic" serta  penghargaan "Golden Medal"  dari Menteri Luar Negeri Slovakia yang juga Deputy Prime Minister of Slovak Republic.

        Penghargaan tertinggi dari Presiden Slovakia itu diberikan kepada Dubes Harsha E Joesoef setelah menjalankan misinya sebagai Kepala Perwakilan RI di Bratislava, Slovakia, demikian PF Sosbudpar dan Media KBRI Bratislava, Meylia Wulandari kepada ANTARA London, Selasa.

        Memasuki periode akhir masa penugasan sebagai Kepala Perwakilan, Dubes Harsha E Joesoef mengadakan kunjungan dan pertemuan "re courtesy farewell" kepada kalangan pemerintahan dan non-pemeritahan Slovakia, khususnya kepada Presiden Slovakia Ivan Gasparovic di Istana Kepresidenan Slovakia, Kepala Parlemen, sejumlah Menteri dan komunitas diplomatik internasional di Slovakia.

        Meylia Wulandari mengatakan, sejumlah catatan keberhasilan yang dicapai di bawah kepemimpinan Dubes Harsha mengundang apresiasi tinggi pemerintah setempat.

         Kilas balik keberhasilan Harsha E Joesoef  menjadi tema utama pembahasan pada setiap pertemuan, di antaranya kunjungan kenegaraan Presiden Slovakia ke Indonesia, Oktober tahun lalu, dan ditandatanginya 15 MoU/persetujuan bilateral kedua negara.

         Selain itu penciptaan dan realisasi Business Round Table (BRT) yang pertama  hingga keenam, angka perdagangan dan kerja sama ekonomi kedua negara meningkat tajam serta terdapat sejumlah kontrak bisnis-investasi yang telah terealisasi dengan baik.

         Keberhasilan program kerja sama pendidikan, khususnya Kerjasama Ujicoba Penanaman Gandum di tanah air oleh Universitas Andalas dan Osivo as serta Universitas Pertanian Nitra re upaya pengurangan impor gandum nasional dan telah mendapat perhatian Presiden RI.

        Selain itu keberhasilan kegiatan promosi budaya Indonesia  yang terus mengundang ketertarikan media negara akreditasi dan pencapaian persetujuan bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas sejak 2010 serta kunjungan sejumlah petinggi kedua negara lainnya.

        Presiden Slovakia dan kementerian jajarannya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas upaya peningkatan kualitas hubungan bilateral kedua negara khususnya pada bidang ekonomi, pertanian dan pendidikan-budaya yang telah dibangun.

         Diharapkan hubungan baik dan kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia-Slovakia dapat diteruskan secara positif oleh Duta Besar RI selanjutnya.

         Penghargaan lain yang diterima Dubes Harsha berupa "The Commemorative Medal of the Ministry of Economy of the Slovak Republic" dari Menteri Ekonomi Slovakia dan "The First Grade Commemorative Medal of the Ministrer of Defence of the Slovak Republic" dari Menteri Pertahanan Slovakia dan "Commemorative Medal of Chamber of Commerce of the Republic of Indonesia Chamber of Commerce Indonesia-Slovakia".

        Sementara di bidang pendidikan, Dubes Harsha mendapat penghargaan "The Commemorative Medal of the University of Agriculture-Nitra" dari Rektor Universitas Pertanian Nitra, sedangkan dari dunia usaha ia mendapat penghargaan "The Commemorative Medal of the Exim Bank Slovakia" dari Direktur Jenderal Exim Bank Slovakia.

        Di kalangan komunitas diplomatik, Dubes Harsha meraih "Golden Medal as Dean of Ambassador" untuk Komunitas Diplomatik internasional di Slovakia yang seluruh penghargaan tanda jasa tersebut merupakan penghargaan negara akreditasi atas upaya dan capaian positif dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Slovakia. ***1*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 02-10-2012 13:03:36

Tidak ada komentar: