Minggu, 07 Oktober 2012

TNI DUKUNG DIPLOMASI RI




                DUBES: TNI DUKUNG DIPLOMASI INDONESIA DI RANAH INTERNASIONAL

           London, 6/10 (ANTARA) - Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb mengakui TNI mempunyai peranan penting dalam mendukung langkah diplomasi Indonesia di ranah internasional.

          Hal itu disampaikan Dubes dalam acara syukuran HUT TNI ke-67 yang dihadiri seluruh staff KBRI dan  perwakilan BUMN London, perwakilan tokoh masyarakat dan pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI,  Counterpart dari Foreign Liaison Staff MOD, Counterpart dari UKTI DSO yang diadakan di gedung KBRI di London, Jumat.

         Dalam acara syukuran HUT TNI ke-67  yang bertema  "Dilandasi profesionalisme, semangat juang dan solidaritas TNI bersama segenap komponen bangsa siap menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI" diadakan pemutaran soundslide TNI in Brief dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, serta doa bersama juga hadir siswa TNI yang sedang melaksanakan pendidikan di UK, demikian Major Parimeng, Asssisten Pertahanan KBRI London kepada ANTARA London, Jumat.

            Lebih lanjut Dubes mengatakan keikutsertaan aktif TNI dalam menciptakan perdamaian dunia telah memperoleh pengakuan internasional, mulai dari Kontingen Garuda (Konga) I sampai dengan XXVI di berbagai medan konflik bersenjata, diantaranya di Mesir, Kongo, Vietnam, Kamboja, Afganistan, Bosnia dan Libanon yang hingga akhir tahun 2011 telah mencapai jumlah 1814 orang.

         Menurut Dubes, keterlibatan TNI dalam berbagai misi perdamaian tersebut telah meningkatkan nilai positif Indonesia di mata negara sahabat dan memperlihatkan komitmen Indonesia untuk menjadi bagian dari constructive solutions terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh dunia.

         Selain itu, Pemerintah Indonesia telah meresmikan beroperasinya Peacekeeping Centre sebagai bagian dari The Indonesian Peace and Security Centre di kawasan Sentul, Bogor. Hal ini telah memperoleh sambutan yang hangat dari PBB dan negara-negara lain di kawasan Asia, dimana pusat peacekeeping tersebut dapat digunakan sebagai sebuah training centre bagi tentara penjaga perdamaian di kawasan sekaligus juga sebagai pangkalan bagi standby force dalam rangka pemeliharaan perdamaian, penanggulangan bencana, penanggulangan terorisme di kawasan.

          "TNI dengan kekayaan pengalamannya yang diperoleh dari berbagai kawasan akan menjadi komponen utama yang menjalankan pusat penjaga perdamaian tersebut," ujar Dubes.

          Peranan TNI dalam mendukung diplomasi Indonesia tidak berhenti pada hal-hal di atas melainkan juga dengan menggunakan soft power yakni kekayaan budaya Indonesia, antara lain melalui misi Kapal Dewa Ruci yang tahun lalu telah singgah di Inggris dan memperoleh sambutan yang hangat sekali dari masyarakat Inggris melalui pertunjukan tarian dan musik yang dipersembahkan.

        "Tidak dapat dipungkiri bahwa selama ini TNI telah menjadi komponen integral bagi Indonesia, baik di masa perjuangan kemerdekaan, pembangunan, reformasi dan penguatan diplomasi Indonesia," ujarnya.

         Menurut Dubes, bila memperhatikan sejarah, maka dapat dilihat perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari sejarah perjuangan TNI yang bersama-sama seluruh rakyat Indonesia telah berkorban darah dan nyawa untuk menjamin kemerdekaan Indonesia. ***1***

(ZG/o001)

(T.H-ZG/B/O001/O001) 06-10-2012 09:11:31

               

               
               

Tidak ada komentar: