INDONESIA JARING WISATAWAN EROPA
DI IFTM PARIS
London, 22/9 (ANTARA) - Indonesia
berupaya menjaring wisatawan Eropa dalam kegiatan International French Travel
Market (IFTM) Top Resa ke-34 tahun yang berlangsung di Porte de Versailles,
Paris, Perancis.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi
Kreatif RI bekerjasama dengan KBRI Paris berpartisipasi pada kegiatan IFTM Top
Resa yang merupakan bursa promosi pariwisata terbesar ke-4 di Eropa, demikian
Minister Conseiller KBRI Paris Arifi Saiman, kepada ANTARA London, Sabtu.
Pada kegiatan IFTM Top Resa tahun 2012
tercatat lebih dari 300 stand peserta yang berasal dari kalangan sektor usaha
perhotelan, restoran, maskapai penerbangan dan agen perjalanan.
Arifi Saimin mengatakan kegiatan IFTM
Top Resa ini mendapat perhatian khusus Dubes RI Paris Rezlan Ishar Jenie
melalui kunjungannya ke stand Indonesia di sela-sela kegiatan pameran.
Khusus untuk Perancis, kegiatan IFTM Top
Resa merupakan ajang promosi pariwisata internasional terbesar kedua setelah
Salon Mondial de Tourisme (SMT), ujarnya.
Berbeda dengan kegiatan SMT yang
bersifat terbuka untuk publik, kegiatan IFTM Top Resa bersifat lebih terbatas
karena hanya dikhususkan untuk kalangan `buyer¿ yang bergerak di sektor
industri pariwisata.
Dikatakannya pada IFTM Top Resa 2012
Indonesia menjual aneka produk pariwisata, mulai dari obyek wisata alam
(ecotourism), taman bawah laut, dan keragaman budaya.
Selain itu, pihak Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI membawa serta kalangan pelaku usaha di sektor
industri pariwisata seperti agen perjalanan dan perhotelan.
Sektor industri pariwisata yang
berpartisipasi meliputi PT. Destinansi Tirta Nusantara Tbk, Essence of Bali,
Conrad, Subak Tabola Villa, dan Surya Shanti Villa.
Menurut Arifi Saimin, partisipasi Indonesia
dalam IFTM yang ketiga tahun ini dengan penampilan stand Indonesia lebih baik
dan luas dibandingkan dengan partisipasi Indonesia pada masa-masa sebelumnya.
Miss
Pariwisata
Stand Indonesia menempati area seluas
sekitar 42 m2 dan berada pada posisi yang cukup strategis. Lokasi strategis ini
memudahkan para pengunjung untuk datang mengunjungi stand Indonesia.
Guna menambah daya tarik stand
Indonesia di mata `buyer¿ setempat, stand Indonesia juga menghadirkan Miss
Pariwisata Indonesia 2012 Ratna Mariana untuk membantu memberikan layanan
informasi tentang dunia pariwisata Indonesia kepada para pengunjung.
Strategi menghadirkan Miss Pariwisata
Indonesia 2012 dalam konteks ini ternyata cukup efektif untuk menarik
pengunjung. Hal ini terlihat dari tingginya animo pelaku usaha sektor
pariwisata setempat yang datang berkunjung ke stand Indonesia.
Dikatakannya partisipasi Indonesia
pada IFTM Top Resa tahun 2012 merupakan langkah strategis dalam kerangka upaya
mendukung tercapainya target pemerintah terkait jumlah kunjungan wisatawan
mancanegara ke Indonesia sebanyak delapan juta wisatawan pada tahun 2012.
Sebagai salah satu lumbung wisatawan
mancanegara terbesar kedua di Eropa Barat, partisipasi aktif Indonesia di ajang
promosi pariwisata Indonesia di Perancis melalui kegiatan IFTM Top Resa
diharapkan dapat membantu optimalisasi pemanfaatan potensi pasar pariwisata
Perancis yang relatif besar di tengah situasi krisis eurozone yang melanda
kawasan ini.***2***(ZG)
(T.H-ZG/B/S006/S006) 22-09-2012
18:55:57
Tidak ada komentar:
Posting Komentar