Selasa, 09 Oktober 2012

MALUKI DAN BELANDA


                MALUKU GALANG KERJASAMA DENGAN SWASTA BELANDA

          London, 10/10 (ANTARA) - Pemda Maluku mengalang kerjasama dengan beberapa kalangan swasta Belanda yang berminat berinvestasi di Maluku khususnya yang terkait dengan bidang infrastruktur, transportasi  , Waste to Energy dan Infrastructure Engeneering Consulting  dan Project Management.

         Penandatanganan Letter of Intent (Lol) dilakukan dengan empat perusahaan Belanda, disela-sela kunjungan bisnis delegasi Maluku ke Belanda yang dipimpin  Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, demikian keterangan pers KBRI Denhaag yang diterima ANTARA London, Rabu.

   
Selama melakukan kunjungan delegasi Maluku juga sepakat   untuk mendirikan   Nederland Private Participation Group on Maluku (NPPM) yang merupakan wadah serta platform perusahan-perusahan Belanda yang berminat berusaha dan berinvestasi di Maluku. NPPM diketuai Direktur RaboBank, Mr. Dan Dijk.

   
Delegasi Maluku yang didampingi Dubes Rl Den Haag,  Retno L.P. Marsudi juga melakukan pertemuan  dengan  Wakil  Dirjen  Kerjasama  lnternasional  Kementerian  Ekonomi, Pertanian dan lnovasi, Maarten Van Den Berg.

   
Delegasi melakukan pertemuan dengan salah satu anggota parlemen dari partai Buruh (PVDA),  Frank Timmerman dan mengunjungi Propinsi Noord Brabant dan bertemu dengan Komisaris Ratu,  Wim van de Donk.

   
Dalam pembicaraan kedua pihak sepakat agar kedua propinsi menginvestasikan hubungannya melalui tiga  jalur yaitu jalur swasta, llmu Pengetahuan/pendidikan dan pemerintahan selain itu juga disepakati penunjukan contact person dari kedua propinsi itu untuk menindaklanjuti kerjasama keduanya. Delegasi Maluku juga melakukan  kegiatan seni dan budaya pada acara Maluku Day di Paviliun Indonesia di Floriade. (ZG)

(T.H-ZG/B/M009/M009) 10-10-2012 06:48:11

Tidak ada komentar: