Minggu, 07 Oktober 2012

RUSIA CARI PRODUK RI



RUSIA CARI PRODUK DI TRADE EXPO INDONESIA

          London, 1/10 (ANTARA) - Sejumlah perusahaan potensial Rusia mencari berbagai produk Indonesia pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-27 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, pada 17 hingga 21 Oktober 2012.

         "Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Djauhari Oratmangun mengatakan ribuan pengusaha dari berbagai negara  akan mengunjungi TEI," demikian Sekretaris Dua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada ANTARA London, Senin.

         Dikatakannya dalam TEI tersebut pengusaha dapat melihat segenap potensi Indonesia dan memilih berbagai produk Indonesia yang bermutu tinggi dengan harga yang kompetitif, serta menjajaki mitra usaha yang tepat.

        "Saat ini terdapat sejumlah pengusaha dari Rusia dan juga Belarus yang akan datang ke TEI mendatang. Kami mengundang para pengusaha lainnya dan KBRI Moskow siap memfasilitasinya", kata Dubes Djauhari.

        Dikatakannya presiden kedua negara berkominten untuk meningkatkan kerjasama, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan. "Tugas kita bersama untuk merealisasikan harapan kedua kepala negara", ujarnya.

        Menurut Dubes, volume perdagangan Indonesia-Rusia masih dapat ditingkatkan dari 2,5 miliar dollar AS pada tahun lalu.

        Berdasarkan data Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, volume perdagangan Indonesia-Rusia tahun 2011 sebesar 2,544 miliar dollar AS.

        Pada periode Januari-Juni 2012 tercatat sebesar 1,679 miliar dollar AS, atau naik 48,7 persen dari periode yang sama tahun 2011 sebesar 1,129 miliar dollar AS.

        Perusahaan-perusahaan Rusia yang sudah menyatakan konfirmasinya datang ke TEI 2012 seperti Volming Trading sebagai perusahaan perdagangan umum, RIM Rus mencari produk kertas dan bahan-bahan pencetakan dan Polychemkomplekt-M membutuhkan bahan kimia untuk bahan bangunan, termasuk cat.

         Sedangkan  Perusahaan 1st Raw Compay mencari coklat bubuk, Imperia Group - garmen dan sepatu, Sladtorg - santan bubuk dan Tchaikovsky Textile membutuhkan bahan kain untuk pakaian dan seragam.

          Sementara itu, Direktur Eksekutif Dewan Bisnis Rusia-Indonesia Mikhail Kouritsyn mengatakan pada bulan November  mendatang serombongan pelaku bisnis Rusia, antara lain dari KADIN daerah Tomsk juga akan berkunjung ke Indonesia untuk menjalin bisnis dengan mitranya dari Indonesia.

    ***2***
(ZG)

(T.H-ZG/B/E008/E008) 01-10-2012 06:07:39

               

Tidak ada komentar: