Rabu, 12 September 2012

IDUL FITRI DI ATHENA



MUSLIM DI ATHENA SHOLAT DI STADIUM OLYMPIADE

          London, 20/8 (ANTARA) - Komunitas muslim dari berbagai negara di Yunani melaksanakan sholat Idul Fitri di lapangan stadium Olympiade OAKA dan stadium olahraga Kalimarmaro tempat penyelenggaraan Olimpiade pertama tahun 1896 yang disediakan pemerintah Yunani.

        Sholat itu dilaksanakan di sadium olahraga karena belum adanya masjid resmi di kota Athena.

        Sementara sekitar 400 warga masyarakat Indonesia di Yunani melaksanakan sholat Ied dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1433 H di halaman Wisma Duta di Athena, ujar ujar Sekretaris Pertama KBRI Athena Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA London, Senin.

        Jani Mediawati Sasanti menjelaskan alunan takbir, tahmid dan salawat dikumandangkan dengan khusuk oleh para jamaah termasuk pekerja Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) merayakan lebaran jauh dari sanak saudara dan tanah air.

        Pelaksanaan sholat Ied dipusatkan di halaman sekitar Wisma Duta mengingat jumlah warga yang hadir diperkirakan melebihi tahun-tahun sebelumnya karena perayaan kali ini jatuh pada hari Minggu.

        Komposisi komunitas masyarakat Indonesia yang lebih banyak kaum perempuannya membuat saf muslimah terlihat mendominasi, ujarnya.

        Sholat Ied tepat dimulai pukul 09.00 dan dipimpin. Saiful, seorang WNI yang telah tinggal sekitar lima tahun di Athena. Dilanjutkan dengan kutbah Idul Fitri yang disampaikan Kuasa Usaha Ad Interim  KBRI Athena, Abdul Fatah Zainal.

        Dalam kutbahnya yang bertema menyongsong lahirnya kepribadian muslim yang tangguh, Abdul Fatah Zainal menyampaikan Idul Fitri merupakan saat yang tepat mengungkapkan rasa syukur umat kepada Allah SWT melalui syukur Qalbi, syukur Qauli dan syukur Amali sehingga kelak Allah berkenan menambah terus nikmat-Nya dan menjadikan umat sebagai orang yang bertaqwa.

        Dikatakannya ,bulan Ramadhan adalah salah satu sarana pendidikan dan pembinaan yang luhur dan paripurna atau komprehensif untuk pembinaan spiritual, jasmani, sosial, ahlaq, peradaban dan jihadiyah pada diri umat Islam. Diharapkan di akhir bulan Ramadhan akan lahir sosok pribadi muslim yang komprehensif dan seimbang.

         Agak berlainan dengan sholat Ied tahun sebelumnya, selesai khutbah para warga melanjutkan dengan sholat gaib untuk menyolatkan seorang warga yang meninggal dunia pada hari sebelumnya.

        Selesai penyelenggaraan rangkaian ibadah Sholat Ied, warga masyarakat saling bersilaturahim dan bermaafan dengan KUAI RI dan Ibu, staf Kedutaan dan sesama mereka.

       Suasana berlebaran menjadi semarak ketika ibu-ibu DWP KBRI Athena melengkapi suasana perayaan kali ini dengan kuliner khas lebaran seperti ketupat dan lontong sayur, semur daging, rendang, opor ayam, sambal goreng hati, mie goreng, kerupuk udang dan berbagai jenis jajanan pasar, serta aneka buah dan minuman segar.

        Dalam kesempatan halal bihalal ini, turut hadir warga Indonesia non-muslim di Yunani, sebagai bukti kuatnya toleransi antarumat beragama di komunitas masyarakat Indonesia.

       Bahkan pada saat persiapan yang dilaksanakan pada h-1, beberapa warga non-muslim membantu menyiapkan tempat sholat.    ***3***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 20-08-2012 15:30:59

               

Tidak ada komentar: