Rabu, 12 September 2012

REKOR



MAHASISWA INDONESIA PECAHKAN REKOR STUDI TERCEPAT

         London, 10/8 (ANTARA) - Purba Purnama, mahasiswa program kombinasi master-doktor University of Science and Technology (UST) di Korea Selatan untuk bidang biopolimer  berhasil memecahkan program studi master dan doktor sekaligus dalam waktu 3.5 tahun yang lazimnya diselesaikan dalam waktu 5 tahun.

        Dalam wisuda yang digelar di International Cooperation Building, KIST, Seoul, baru baru ini Purba juga mendapat penghargaan "¿Academic Excellence Award" dari KIST, demikian keterangan dari pengurus Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) yang diterima ANTARA London, Jumat.

        Pemegang beasiswa dari International R&D Academy dari Korea Institute of Science and Technology (KIST), Korea Selatan ini dalam aktivitas kesehariannya di Korea Selatan tidak hanya belajar namun juga pernah terlibat dalam berbagai organisasi.

        Purba menjadi kepala klaster Inovasi dan Teknologi Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4), pengurus  di organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Korea (Perpika) dan juga aktif dalam kegiatan bersama Pioneers for Advancement of Technology in Asia-Africa (PATA) di Korea Selatan.

        Purba mengakui bahwa ketika dirinya datang ke Korea, pembimbingnya menyatakan bahwa ia boleh lulus kapan pun mau jika memiliki banyak publikasi di jurnal internasional.

        Menurut Purba, aturan normal program kombinasi master-doktor adalah empat tahun. "Dari sini saya bertekad untuk memecahkan aturan itu dengan lulus lebih cepat dari waktu minimum 4 tahun. Alhamdulillah saya bisa memecahkan rekor studi tercepat untuk program kombinasi master-doktor sekaligus dalam waktu 3.5 tahun," ujarnya.

        Selama studi, Purba sudah berhasil mempublikasikan penelitiannya di jurnal-jurnal internasional. Purba memiliki tujuh  publikasi di jurnal-jurnal internasional bidang polymer, dua  Korean Patent dan satu  US patent.

         Dalam wisuda yang digelar di International Cooperation Building, KIST, Seoul, baru baru ini Purba mendapat penghargaan "Academic Excellence Award" dari KIST. Presiden KIST menyatakan bahwa Purba semasa menjalani pendidikan di KIST-UST seringkali mendapat penghargaan dari KIST maupun UST atas prestasi-prestasi yang telah diraihnya.

         Sebelum diwisuda, Purba langsung disodori proposal untuk melanjutkan jenjang post-doctoral di Laboratorium Biomaterial Research Center, KIST, untuk melanjutkan penelitiannya. Purba juga akan diwisuda pihak UST pada tanggal 17 Agustus 2012 di Auditorium Pusat UST, Daejeon.

         Prestasi yang diraih Purba tidak hanya memberikan kebanggaan buat dirinya dan keluarga, namun juga kepada Bangsa Indonesia karena hal ini menunjukan bahwa secara individu Bangsa Indonesia mampu memecahkan banyak rekor studi di dunia akademis Internasional. ***3*** (ZG)   
(T.H-ZG/B/S023/S023) 10-08-2012 15:36:33

               

Tidak ada komentar: