Rabu, 12 September 2012

RUMAH INDO




RUMAH INDONESIA MEMIKAT DI PAMERAN MACEF MILAN

          London, 6/9 (ANTARA) - Rumah Indonesia, rumah modern yang menampilkan furnitur rotan dan pernak-pernik dekorasi rumah, interior, dan kerajinan Indonesia sebagai elemen interiornya, tampil memikat dalam  pameran MACEF yang digelar di Milan, Italia, 6-9 September 2012.

         Paviliun Indonesia di MACEF 2012 berlokasi di Hall 10 Booth F2-F09, bertemakan "Remarkable Indonesia" dengan konsep paviliun atau  "Rumah Indonesia", ujar  Penanggung Jawab Fungsi Penerangan KBRI Roma, Musurifun Lajawa kepada ANTARA London, Kamis .

         Dikatakannya partisipasi tahun ini merupakan hasil kerja sama Dewan kerajinan nasional (Dekranas) bersama Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 
    Selain itu juga didukung Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Mandiri, PT. Pupuk Indonesia, PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) II, serta KBRI Roma di Italia.

         Partisipasi Kementerian Perdagangan dalam pameran ini merupakan komitmen untuk terus meningkatkan citra Indonesia  untuk produk- unggulan karya bangsa secara global.

         Produksi para desainer dan perajin dari berbagai daerah ini didesain khusus dengan sentuhan desain modern dalam rangka memenuhi selera pasar internasional.

         Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kementerian Perdagangan, Pradnyawati yakin produk dekorasi rumah, interior, dan kerajinan Indonesia memiliki potensi ekspor yang luar biasa.

         Produk-produk dimaksud memiliki unsur bahan dasar logam, anyaman (rotan), tekstil, kaca, batu, kulit, dan serat alam/kayu yang tersebar di seluruh Indonesia
    Sebanyak 17 perusahaan yang turut berpartisipasi dalam pameran ini menampilkan produk unggulan masing-masing. ¿Produk-produk tersebut dihasilkan dari karya cipta dan kearifan lokal yang diturunkan secara turun temurun menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

         Berbagai produk yang pamerkan diutamakan bersifat unik serta memiliki daya saing dan daya tarik tersendiri di pasar global.

         Ketua Bidang Pameran dan Kerja Sama Luar Negeri Dekranas Yasmin Wirjawan mengatakan setiap produk juga telah melalui tahap seleksi dan kurasi ketat oleh Dekranas dan Kemendag.

         Untuk mempromosikan kuliner Indonesia, pengunjung Paviliun Indonesia mendapat suguhan kopi yang disajikan Barista dari Morning Glory Cafe, sedangkan makanan ringan berupa aneka kacang produksi Dua Kelinci.

         Partisipasi Indonesia dalam MACEF Expo 2012 ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan produk Indonesia kepada buyer internasional sebagai produk ramah lingkungan dan menjadi wadah penghubung antara  produsen Indonesia dengan pelaku usaha Italia maupun internasional.

   
                     Rumah Indonesia
    Terdapat empat  ruang dalam Rumah Indonesia yang masing-masing diberi nama Ruang Songket, Ruang Tenun Agam, Ruang Batik dan Ruang Sulam.

         Ruang-ruang tersebut menampilkan gambaran yang inspiratif mengenai bagaimana produk kerajinan Indonesia bisa diaplikasikan sebagai elemen interior yang menjadikan tampilan sebuah rumah modern menjadi lebih indah dan elegan.

         Di dalam Ruang Songket, pengunjung disajikan aneka produk anyaman dan display peralatan makan porselen. Ruang Tenun Agam akan didominasi produk anyaman. Sementara di Ruang Batik terdapat aneka produk batik dan aplikasinya sebagai elemen interior.

         Sebagai penghubung keempat ruang, ada ruang tengah yang menampilkan demo perajin yang sedang membuat kerajinan berupa anyaman serat urat Doyo yang merupakan warisan budaya masyarakat Dayak Benuaq di Provinsi Kalimantan Timur sejak ratusan tahun yang lalu.   
    Peserta yang menampilkan produknya pada Pameran MACEF tahun ini terdiri dari 17  perusahaan diantaranya Rumah Lunar,  Amaru Indonesia  dan Cita Tenun Indonesia.

         Produk-produk yang ditampilkan tersebut melalui tahap seleksi dan kurasi ketat yang melibatkan Dekranas  dan Kemendag.

         Pameran MACEF merupakan salah satu pameran terkemuka di Eropa yang diadakan dua kali dalam satu tahun bertempat di Fieramilano, Milan dengan lahan seluas 100.557 sqm memamerkan produk rumah tangga, gelas, keramik, jam, perhiasan , kerajinan tangan, dan berang-barang furniture.

         Pada penyelenggaraan MACEF Januari lalu tercatat 1.877 perusahaan berpartisipasi berasal dari 40 negara dan dikunjungi sekitar  88.658 pengunjung  dari 112 negara .

         Italia memiliki posisi yang strategis yaitu berada di tengah-tengah antara Eropa dan Afrika. Italia memiliki keuntungan sebagai negara yang memberikan akses ke negara-negara Eropa Utara, negara-negara Mediterania dan negara-negara Eropa Timur.

         Pada tahun 2011, Italia merupakan mitra dagang Indonesia ke-15 atau 1,6 persen dari share total ekspor Indonesia. Ekspor Indonesia ke Italia tercatat sebesar 3,17 miliar dollar AS sedangkan impor Indonesia dari Italia 1,22 miliar dollar AS. Surplus untuk Indonesia sebesar 1,94 miliar dollar AS.

         Untuk tahun 2012 periode Januari-Juni, ekspor Indonesia ke Italia mencapai jumlah satu juta dollar AS sedangkan impor Indonesia dari Italia tercatat 552,4 juta dollar AS.

         Produk ekspor Indonesia ke Italia antara lain produk kimia, batu bara, minyak kelapa sawit, karet, kopi, alas kaki, serta tekstil. Sedangkan produk impor Indonesia dari Italia antara lain pipa, komponen kendaraan, mesin-mesin industri, TPT, serta kendaraan bermotor.

    ***2*** (ZG)

(T.H-ZG/B/M019/M019) 06-09-2012 05:32:05

               

Tidak ada komentar: