Kamis, 20 September 2012

YASUDAH DI PARIS




MUSISI KONTEMPORER YASUDAH TAMPIL MEMUKAU DI PARIS

          London, 6/9 (ANTARA) - Musisi kontemporer Yasudah dari Surakarta mengadakan pagelaran musik di Paris yang diadakan KBRI bekerjasama dengan Asosiasi Franco-Indonésie (AFI) Pasar Malam Paris, Perancis tampil memukau dihadapan sekitar 100 tamu undangan, terdiri dari berbagai kalangan dan  masyarakat Perancis pencinta musik kontemporer.

         Pementasan berlangsung di Balai Budaya KBRI Paris musik kontemporer besutan musisi Yasudah yang  merupakan pergelaran musik kontemporer yang fenomenal dan baru pertama kali digelar di Perancis  yang mendapat sambutan hangat kalangan pecinta musik kontemporer setempat, ujar Minister Conseiller KBRI Paris Arifi Saiman, Kamis.

         Pertunjukan musik kontemporer ala Yasudah yang dihadiri pendiri AFI Pasar Malam Mrs. Johanna Lederer tersebut dibuka Duta Besar RI Paris Rezlan Ishar Jenie itu diawali dengan sajian presentasi musisi Perancis Eric Antoni yang dalam presentasinya mengulas keunikan sosok Yasudah dan karakteristik musik kontemporer ciptaannya.

         Seusai presentasi musisi Eric Antoni, pergelaran dimulai dengan suguhan tembang-tembang Jawa versi Yasudah yang di mata penggemar musik, penampilan musisi Yasudah berbeda dengan pementasan musik pada umumnya, termasuk jenis peralatan musik yang dipergunakannya.

         Peralatan musik yang ditampilkan merupakan perpaduan peralatan musik moderen seperti piano, organ, gamelan Jawa, dan angklung, dengan dipadukan benda tertentu seperti kursi, papan partitur, dan potongan bambu.

         Sebagai atraksi solo, musisi Yasudah menghadirkan nuansa harmoni musik khas yang sangat menggoda rasa khususnya bagi  kalangan peminat jenis musik karya-karya musisi asal Surakarta ini.

         Khusus alat musik  piano, Yasudah mengekspresikan permainan pianonya secara lebih berani dengan menggesek string piano sembari menghentak pedal piano.

         Dalam pementasan ini Yasudah  menampilkan alat musik karyanya berupa potongan bambu dengan alat pemukul yang terbuat dari lempengan batang bambu berbentuk gergaji.

         Penampilan musik Yasudah  bersifat interaktif dengan mengundang para pengunjung ke panggung untuk secara bersama mengalunkan irama  musik karya sang musisi.

         Pada pergelaran ini para pengunjung juga menikmati suguhan kua-kue tradisional khas Indonesia seperti lemper, tahu isi dan sejenisnya  menambah meriah suasana pementasan musik kontemporer ini.

         Pementasan musik kontemporer ala musisi Yasudah merupakan rangkaian dari program musik Indonesia di Paris. Selain Yasudah, sejumlah musisi asal Indonesia mentas di Paris seperti The White Shoes and the Couples Company, musisi Sasando Jackob Hendrick Bullan dan musisi Jazz Purwacaraka dan Syaharani.

    ***3***(ZG)


(T.H-ZG/B/M019/M019) 06-09-2012 05:32:04

Tidak ada komentar: