Kamis, 20 September 2012

KTT APEC




                PRESIDEN : KTT APEC DI BALI LEBIH MENARIK

          London, 11/9 (ANTARA) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjanjikan, pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  APEC di Bali, Indonesia tahun depan lebih menarik dibanding di Rusia tahun ini.

         Demikian antara lain, salah satu catatan Kepada Negara dalam serangkaian kunjungan ke Rusia, sebagaimana disampaikan oleh staf KBRI Moskow, M Aji Surya kepada ANTARA di London, Selasa.

         Dalam catatan Presiden SBY, katanya, kunjungan ke Rusia ini memiliki arti strategis mengingat Indonesia salah satu pemain utama dan juga calon tuan rumah APEC tahun depan.

         Dikatakannya usai mengikuti rangkaian pertemuan resmi, presiden memaksimalkan kunjungan dengan aneka pertemuan lain seperti dengan Presiden Rusia, Korsel,  Meksiko, Tiongkok, Peru juga dengan beberapa CEO perusahaan yang ingin investasi di Indonesia.

         Sejumlah topik penting yang dibicarakan antara lain tentang keamanan pangan.

         Presiden berharap semua pelaku ekonomi dapat mempertahankan pasokan, keterjangkauan harga serta peningkatan kesejahteraan petani.

         Untuk itu direkomendasikan peningkatan investasi infrastuktur, efisiensi saluran distribusi dan koordinasi kebijakan.

         "Semua pertemuan dipastikan untuk perkembangan ekonomi bersama dan bermanfaat bagi rakyat Indonesua," ujarnya.

         Menurut Presiden, perhelatan KTT APEC di Vladivostok Rusia itu mengesankan.

         "Mereka membangun sebuah kompleks pertemuan di sebuah pulau Russkiy dengan fasilitas yang memadai. Semua kebutuhan terlayani dengan baik plus keamanan yang luar biasa. Namun demikian, kelemahannya adalah manajemen waktu. Beberapa pertemuan kurang panjang waktunya," kata Presiden.

         "Dalam KTT di Bali yang akan datang, saya minta pertemuan pertemuan para pemimpin diberikan alokasi waktu yang cukup. Kita mungkin tidak bersaing dalam fasilitas KTT Vladivostok, namun kita akan ciptakan keunggulan di sektor lain serta penajaman tertentu," kata Presiden.

         Presiden berharap APEC tahun depan bukan hanya sukses dalam penyelenggaraan tetapi juga dalam substansi bagi kepentingan nasional.

         Para menteri diberikan PR agar KTT di Bali nanti bisa sangat monumental sebagaimana KTT di Bogor tahun 1994.

    ***3***


(T.H-ZG/B/E008/E008) 11-09-2012 07:08:22

Tidak ada komentar: