Kamis, 20 September 2012

KBRI SOFIA



KBRI SOFIA: "CORDANA YOUTH CHOIR" TAMPIL MEMPESONA

           London, 21/9 (ANTARA) - Tim Kesenian Indonesia Cordana Youth Choir pimpinan Aida Swenson dan musisi Indro Hardjodikoro Band tampil mempesona di Military Club, Sofia,  demikian Pensosbud KBRI Sofia, Dina Martina kepada ANTARA London, Kamis.

          Suasana gedung gemuruh saat delapan  penari dari Cordana Youth Choir menampilkan Tari Rampai Aceh dengan gerakan cepat dan serempak menjadikan Rampai Aceh sebagai tarian favorit undangan pada acara Resepsi HUT ke-67 RI yang dihadiri sekitar 300 undangan, kata Dina Martina.

         Para undangan yang hadir di gedung bersejarah terletak di pusat Kota Sofia dan dibangun tahun 1895-1907 dengan design khas Eropa itu, di antaranya pejabat Pemerintah Bulgaria, korp diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama di negara tersebut. 
    Resepsi HUT RI diawali dengan sambutan Dubes Bunyan Saptomo, dilanjutkan Lagu Indonesia Raya oleh Cordana Youth Choir dan lagu kebangsaan Bulgaria Milarodina, dan diikuti dengan "toast" juga  hadir Wakil Ketua Parlemen Bulgaria, Ekaterina Mihaylova,  Ketua Grup Persahabatan Parlemen Indonesia-Bulgaria, Nikolay Pehlivanov, Sekretaris Presiden Urusan Luar Negeri, Tihomir Stoychev serta mantan Dubes RI untuk Bulgaria IR Ingkriwang.

         Dubes Bunyan Saptomo, dalam sambutannya antara lain menyampaikan Indonesia sebagai Negara multikultur dengan prinsip "Bhineka Tunggal Ika"-nya serta  prestasi Indonesia selama 67 tahun merdeka dan peran aktif Indonesia dalam meningkatkan perdamaian dunia.

         Pertunjukan tim kesenian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu terdiri dari delapan penari dari Cordana Youth Choir pimpinan  Aida Swenson dan tujuh musisi Indro Hardjodikoro Band menampilkan kolaborasi tarian dengan iringan musik etnik jazz Indrodjoyokusumo Band.

          Tarian daerah ditampilkan berselingan  dengan jazz etnik  antara lain Sin Sin si Batu Manikam, Ondel-ondel, Janger, Rampai Aceh, dan lagu-lagu daerah lainnya seperti es lilin, panon hideung, dan Toki Tifa. 
     Bersamaan dengan tarian Sin Sin si Batu Manikam, beberapa penari menyerahkan Ulos kepada Dubes RI untuk diserahkan kepada tamu terhormat Pemerintah Bulgaria, diantaranya Wakil Ketua Parlemen Bulgaria dan Ketua Grup Persahabatan Parlemen Indonesia-Bulgaria.

          Sambutan sangat meriah dari penonton ketika Rampai Aceh ditampilkan. Gerakan cepat dan serempak menjadikan Rampai Aceh sebagai tarian favorit undangan. Pertunjukkan diakhiri dengan penyerahan bunga oleh Dubes RI dan Ny Lia B. Saptomo kepada para penari, katanya.

           Pertunjukkan  Tim Kesenian yang dipimpin Dody Prianto ini, merupakan serangkaian program pertunjukkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  di tiga Kota Eropa Timur termasuk  di Beograd dan Bucharest.***3*** 
(T.H-ZG/B/F002/F002) 20-09-2012 07:08:26

Tidak ada komentar: