Senin, 12 November 2012

BUNGA ASAL SUMATERA



BUNGA ASAL SUMATERA TARIK PERHATIAN MASYARAKAT SWISS

         London, 8/11 (ANTARA)  - Berkembangnya bunga Amorphopalus Titanum asal Sumatera di Basel Botanischer Garten (BBG)  menarik perhatian masyarakat di Swiss, bahkan Media Basler Zeitung memberitakan mengenai bunga langka tersebut.

         Diperkirakan bunga yang ditanam di pusat penelitian botani  akan berkembang secara sempurna sekitar tanggal 15 dan 16 November, demikian Sekretaris Satu KBRI Bern Oktavia Maludin kepada ANTARA London, Kamis. 
    BBG adalah pusat penelitian botani yang berada di bawah naungan Fakultas Botani Universitas Basel.

         Menurut Kepala BBG Bruno Ermy, berkembangnya bunga titanum tersebut selalu menjadi misteri. Berkembangnya bunga ini adalah kali kedua.

          Bunga berkembang di rumah kaca  dengan sengatan matahari konstan sekitar 25 derajat, tambahan panas melalui lampu untuk 12 jam serta ruangan yang dibangun sedemikian rupa untuk membawa iklim dan kelembaban tropis di Swiss.

          BBG berusaha meniru sedekat mungkin hutan hujan Sumatera, habitat alami dari bunga Titanium. Selama ini bunga titanum hanya diberi pupuk kotoran sapi Swiss kering, tidak ada pupuk sintetis atau obat-obatan tambahan yang diberikan kepada bunga tersebut.

          Pada Paskah 2011, bunga titanum di BBG mekar dan menjadi liputan dunia seperti CNN, BBC dan Al-Jazeera. Lebih 100.000 orang menyaksikan siklus berkembangnya bunga titanum melalui webcamera
     Saat ini bunga yang memiliki bau tidak sedap ini berukuran lebih besar dari sebelumnya. Umbinya mempunyai berat 30 kilogram dengan diameter 50 cm.

          Pada 31 Oktober kuncup sudah bertumbuh menjadi 48 cm dan diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang.

          Diperkirakan pertumbuhannya mencapai 12 inchi per hari. Mengingat periode berbunga yang sangat singkat, Kepala BBG merencanakan sesuatu yang istimewa yaitu mencoba melakukan penyerbukan bunga titanum. Jika berhasil, BBG akan mendapatkan buah-buahan dan biji titanum dan kemudian dapat menyampaikan kepada taman-taman botani lainnya. 
     BBG tidak hanya mencoba melakukan penyerbukan bunga ini, promosi yang gencar terus dilakukan. Walaupun perkembangan bunga titanum dapat dilihat melalui webcamera, namun BBG telah mempersiapkan lonjakan pengunjung yang ingin melihat berkembangnya bunga titanum dengan merekrut relawan.

          BBG menyebarkan 10.000 informasi berupa dari poster, fliers dan brosur khusus untuk menyambut mekarnya bunga titanum. Pada 10 November BBG menawarkan tur bunga titan. Karena perbedaan panas antara kaca dan udara luar harus menyiapkan kunci khusus.  ***3*** (ZG) 
(T.H-ZG/C/S023/S023) 08-11-2012 21:42:25

Tidak ada komentar: