INDONESIA JARING WISATAWAN
INGGRIS DI WTM LONDON
London, 6/11 (ANTARA) -
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya menjaring
wisatawan Inggris dalam pameran pariwisata terbesar kedua di dunia "World
Tourism Market (WTM) 2012" yang berlangsung di gedung Excel London,
Inggris, 5-8 November 2012.
Hal itu disampaikan Direktur
Pencitraan Indonesia Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Esthy Reko Astuti dalam jumpa
pers yang diadakan di gedung Excel, Londonm Senin .
Dalam konferensi Pers yang juga
dihadiri Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia Hamzah
Thayeb, Esthy Reko Astuti menjelaskan Inggris merupakan pasar yang sangat
penting bagi Indonesia.
"Inggris merupakan salah
satu negara pasar utama pariwisata Indonesia," ujar Esthy Reko Astuti.
Sementara itu Dubes Hamzah
Thayeb mengakui dengan kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di London,
baru-baru ini atas undangan Ratu Elizabeth merupakan promosi yang baik bagi
pariwisata Indonesia di Inggris . Selain itu KBRI London selalu mengadakan
kegiatan promosi pariwisata yang dikaitan dengan TTI yaitu trade, tourism and
investment .
Dubes Hamzah Thayeb mengatakan promosi
yang dilakukan selama ini juga diarahkan kepada memperkenalkan obyek wisata
Beyond Bali, yang juga sama menariknya dengan Bali.
Lebih lanjut Esthy Reko Astuti
mengatakan Jumlah wisatawan Inggris yang berkunjung ke Indonesia dari tahun ke
tahun terus meningkat. Hingga September 2012, wisatawan Inggris yang datang
berlibur di Indonesia mencapai 152.379 dibandingkan September 2011 hanya
145.655 wisatawan yang berarti naik 12.96 persen.
Meningkatnya kunjungan
wisatawan Inggris ke Indonesia diharapkan juga akan berdampak kepada wisatawan
di Eropa ke Indonesia. Sementara
Indonesia mentargetkan sebanyak 200.000
wisatawan dari Inggris .
Dalam konferensi pers, Eshty
menjelaskan bahwa Indonesia pada tahun 2012 memfokuskan promosinya pada 16
fokus pasar yaitu Singapore, Malaysia,
Australia, China, Japan, Korea Republic, USA, UK, Taiwan, India, France, The
Netherlands, Germany, The Philipines, Russia dan Middle East.
Untuk destinasi, difokuskan pada 16
destinasi Beyond Bali, yakni seperti Danau Toba, Pulau Seribu, Sunda Kepala dan
Kota Tua, Borobudur, Kintamani-Danau Batur, Menjangan, Rinjani, Ende ,
Kalimutu, Tanjung Putting, Bunaken , Raja Ampat, Bromo, Tenger dan Semeru,
Komodo, Wakatomi,Toraja, Kuta Sanur dan Nusa Dua.
Sementara tujuh minat khusus yang ingin
ditampilkan yaitu wisatawan dengan minat khusus seperti budaya dan
peninggalan sejarah , alam dan eko
turisme, rekreasia, sport, kruise , kulinari dan olahraga serta mice.
Stand Indonesia seluas 240m2
dengan dekorasi yang memadukan antara modern dan tradisional juga menampilkan
Putri Pariwisata Reinita Arlin Puspita, serta Putra Batik Nusantara Muhammad
Ihsan Pribadi dan Putri Batik Nusantara Indah Anggraini membatu mempromosikan
Indonesia kepada para pengunjung.
Selain itu dalam acara coctail
reception ditampilkan tari tradisional dan juga door prize berupa tiket dengan
penerbangan Garuda ke Indonesia dari Belanda ke Jakarta pp.
Sementara itu Herman Rukmanadi
dari Bhara Tours yang mewakili industry pariwisata mengatakan bahwa industry
pariwisata siap melakukan promosi untuk membantu Kementerian meningkatkan
jumlah wisatawan dan mencapai apa yang ditargetkan sebanyak 200.000 wisatawan
dari Inggris.
***2***
(ZG)
`
(T.H-ZG/B/M019/M019) 06-11-2012
06:12:56
Tidak ada komentar:
Posting Komentar