Jumat, 30 November 2012

PRESIDEN YUNANI:

PRESIDEN YUNANI: RI BERPENGARUH DI NEGARA-NEGARA ISLAM

          London, 30/11 (ANTARA) - Presiden Yunani, Karolos Papoulias  menyampaikan penghargaannya atas peran besar Indonesia dalam "The Organisation of the Islamic Conference" (OIC) dan ingin meningkatkan kerja sama dalam "interfaith dialogue" mengingat Indonesia dipandang sebagai negara yang cukup berpengaruh di kalangan negara-negara Islam di dunia.

         Hal itu disampaikan Presiden Papoulias kepada Dubes RI untuk Republik Yunani, Benny Bahanadewa saat menyerahkan surat-surat kepercayaan di Istana Kepresidenan (Proedriko Megaro), Athena, Kamis.

         Sekretaris Pertama KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti, kepada ANTARA London, Kamis mengatakan dalam acara penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut, Dubes RI didampingi Pelaksana Fungsi Politik, Fungsi Pensosbud dan Fungsi Protokol KBRI Athena.

         Rangkaian acara ini dimulai dengan penjemputan Dubes di Wisma Duta dengan kendaraan dan pengawalan khusus menuju  istana Yunani yang diterima Kepala Protokol Negara dan menerima penghormatan dari pasukan khusus istana Evzone dengan mendengarkan lagu kebangsaan Yunani, "Ymnos Eis Tin Eleftherian" (Hymn To Liberty).

         Dubes Benny Bahandewa memasuki ruang upacara (Hall of Ceremonies) dan diterima Presiden Yunani,  Karolos Papoulias untuk melakukan penyerahan Surat-Surat Kepercayaan.

         Presiden Karolos Papoulias  didampingi Menlu Dimitris L. Avramopoulos, Sekretaris Jenderal Kantor Kepresidenan, dan pejabat dari kantor Presiden lainnya yaitu Direktur Diplomatik dan Kepala Militer istana. 
    Dalam pembicaraan setelah penyerahan surat-surat kepercayaan, Presiden Papoulias mengungkapkan penghargaannya atas peran besar Indonesia dalam OIC. Yunani ingin meningkatkan kerja sama dalam interfaith dialogue mengingat Indonesia dipandang sebagai negara yang cukup berpengaruh di kalangan negara-negara Islam di dunia.

         Presiden Papoulias menyampaikan salam hormat kepada Presiden RI dan rakyat Indonesia, serta menyatakan keinginannya untuk dapat berkunjung ke Indonesia pada tahun 2013, sekiranya perekonomian Yunani pada tahun tersebut sudah membaik.

         Dalam kesempatan itu  Dubes menyampaikan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan Pemerintah Yunani dan menyampaikan salam hangat dari Presiden RI dan rakyat Indonesia kepada Presiden dan rakyat Yunani.

         Dikatakannya Indonesia dan Yunani memilliki jalinan hubungan bilateral yang harmonis dan harapan untuk dapat mengembangkan upaya baru guna meningkatkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang.

          Lebih lanjut diungkapkan kerja sama kedua negara di bidang politik dalam tataran multilateral telah berjalan dengan baik dengan adanya saling dukung pencalonan kedua negara.

          Dubes RI menilai penting peningkatan kerja sama di bidang ekonomi khususnya perdagangan dan pariwisata.

          Selain di bidang ekonomi, Dubes RI juga menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia senantiasa berupaya memajukan kerja sama di bidang pendidikan dan budaya.

          Pemerintah Indonesia memberikan tujuh beasiswa dalam rangka program Darmasiswa kepada pemuda/pemudi Yunani dalam tahun ajaran  2012.

          Presiden Papoulias menghargai upaya yang dilakukan Indonesia di bidang ekonomi dan memuji Indonesia yang mempunyai tingkat perekonomian yang tinggi dan terus berkembang.

          Presiden menyatakan hubungan perdagangan Indonesia dan Yunani berjalan dan meningkat walaupun kedua negara mempunyai jarak yang berjauhan.

          Presiden Yunani menyampaikan penghargaan dan mengharapkan akan dapat berkunjung Indonesia tahun depan .

          Usai acara penyerahan Surat Kepercayaan dan ramah tamah, acara diakhiri dengan pengambilan foto bersama bersama. Di depan pintu utama Istana Kepresidenan dikumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan pengawalan dari pasukan Evzone.

          Sebagai bagian dari acara credential, Dubes Benny Bahanadewa mengadakan resepsi di Wisma Duta dengan mengundang Dubes  Perwakilan negara lain dan mitra dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian terkait.

    (ZG)
(T.H-ZG/B/E001/E001) 30-11-2012 09:51:55

Tidak ada komentar: