Rabu, 14 November 2012

YUNANI



INDONESIA BERMINAT JAJAKI PENGEMBANGAN WISATA DENGAN YUNANI

          London, 14/11 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Yunani Benny Bahanadewa berminat menjajaki kemungkinan kerja sama di bidang wisata kelautan dengan Yunani, khususnya Pulau Chios dengan beberapa daerah di Indonesia.

         Keiinginan itu terungkap dalam kunjungan Dubes ke Pulau Chios, yang letaknya hanya dibatasi oleh Selat Chios dengan Turki, saat memenuhi undangan Wali Kota Chios merayakan peringatan 100 tahun kebebasan wilayah Chios, demikian Sekretaris Satu KBRI Athena Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA, Rabu.

         Dikatakannya kunjungan Dubes Benny Bahanadewa didampingi oleh Kepala Fungsi Politik KBRI Athena atas undangan Wali Kota Chios sebagai tamu kehormatan bersama Kepala Staf Angkatan Darat, Menteri Perkapalan dan Kepala Staf Angkatan Laut Yunani.

         Selain itu jajaran pemerintah setempat serta masyarakat Chios tampak antusias menghadiri rangkaian acara peringatan yang dipusatkan di Balai Kota Chios itu. Peringatan dimeriahkan dengan parade seni budaya masyarakat Chios dan parade militer Yunani. 
     Perayaan Peringatan 100 tahun pembebasan Chios ini bertepatan dengan peringatan pembebasan Chios dari kependudukan Turki tahun 1912.  Walaupun dilaksanakan dalam suasana keprihatinan kondisi ekonomi di Yunani, Pemerintah Chios telah menjadikan perayaan peringatan ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong kehadiran wisatawan asing berkunjung ke Chios.

          Wisatawan yang banyak berkunjung ke Chios utamanya adalah dari Turki dan negara Eropa lainnya. Wisatawan Asia, khususnya dari China, juga sudah berdatangan sebagai bagian dari paket wisata ke Izmir, Turki dan Athena, Yunani.

          Pulau Chios, pulau kelima terbesar di Yunani, selama ini merupakan salah satu pulau tujuan wisata selain Santorini dan Mykonos.  Tempat wisata terkenal di pulau ini adalah desa-desa dari jaman abad pertengahan dan juga monastery Nea Moni dari abad ke-11 yang termasuk dalam UNESCO World Heritage Site.

         Di pulau ini juga terkenal dengan produk mastiha, getah pohon yang berfungsi sebagai bahan medis dan wewangian dan hanya tumbuh di Yunani dan dunia. Getah mastiha atau yang lebih dikenal dengan "Air mata dari Chios" merupakan produk utama pertanian yang menopang kehidupan masyarakat Chios, selain jeruk. ***3***


(T.H-ZG/C/F002/F002) 14-11-2012 06:32:46

Tidak ada komentar: