Minggu, 04 November 2012

IDUL ADHA DI DUBAI



LEBIH SERIBU WNI SHOLAT IDUL ADHA DI DUBAI

          London, 29/10 (ANTARA) - Lebih seribu warga Indonesia Shalat Idul Adha yang diadakan di Konsulat Jenderal RI (KJRI) Dubai bagi warga masyarakat Indonesia di wilayah akreditasi KJRI Dubai pada 26 Oktober 2012 pukul 07.00 pagi waktu setempat.

        Pelaksanaan Shalat Idul Adha ini hasil kerja sama KJRI Dubai dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Dubai, demikian Sekretaris Pertama/Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya kepada ANTARA, Senin.

        Sebanyak 1.307 warga Indonesia dari berbagai latar belakang profesi, termasuk para Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang saat ini berada di penampungan sementara KJRI Dubai, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Shalat Idul Adha dengan khidmat dan tertib.

        Warga mulai berdatangan sejak pukul 05.30 memadati halaman KJRI Dubai dari berbagai Emirat di wilayah akreditasi KJRI Dubai, terutama dari Dubai, Sharjah, Ajman serta Fujairah yang merupakan Emirat terjauh yang berjarak sekitar 180 kilometer dari Dubai. Beberapa warga bahkan datang dari luar wilayah akreditasi KJRI Dubai, seperti Abu Dhabi dan Al Ain.

        Bertindak selaku imam Shalat Idul Adha adalah Ustadz Mohammad Rifai dan khatib H Zunnunil Masri. Keduanya merupakan staf lokal KJRI Dubai yang juga lulusan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.

        Kegiatan diawali dengan Shalat Idul Adha dan dilanjutkan dengan khotbah singkat dengan tema seputar keutamaan untuk tidak menunda pelaksanaan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima.

        "Menunaikan ibadah haji sekiranya dapat dilaksanakan sesegera mungkin bagi kaum muslim yang telah mampu, tanpa harus menunggu datangnya hari tua," katanya.

        Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang melibatkan unsur rohani, jasmani dan harta.

        Karena itu, ketika seorang muslim telah mampu secara finansial serta telah memiliki ketetapan hati, kiranya dapat menyegerakan menunaikan ibadah haji ini, terutama di saat kondisi tubuh masih "fit" dan kuat, agar membawa manfaat positif yang lebih banyak secara sosial terhadap lingkungan sekitar maupun dalam memperkaya batin dan ibadah serta pengalaman rohani yang bersangkutan.

        Dalam kesempatan ini juga dilakukan pengumpulan sedekah melalui kotak amal yang diedarkan kepada para warga yang hadir. Hasil pengumpulan sedekah ini telah diumumkan pula pada saat kegiatan ramah tamah dan diberikan kepada warga Indonesia yang membutuhkannya dan kurang mampu, khususnya kepada 37 orang TKW yang saat ini berada di penampungan sementara KJRI Dubai.

        Rangkaian kegiatan Shalat Idul Adha ditutup dengan acara ramah tamah, silaturahim dan santap bersama hidangan khas Idul Adha yang disediakan oleh KJRI Dubai dan DWP KJRI Dubai.

        Pada kesempatan ramah tamah dengan warga yang hadir, Acting Konsul Jenderal RI Dubai, Heru Sudradjat, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran warga masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai Emirat di PEA.

        Dikatakannya, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, KJRI Dubai senantiasa berupaya untuk mengadakan kegiatan Shalat Idul Adha bagi warga masyarakat Indonesia di wilayah akreditasi KJRI Dubai.

        Hal ini sekaligus juga sebagai sarana untuk menjalin silaturahim, komunikasi dan membina rasa kekeluargaan di antara warga masyarakat Indonesia yang ada di PEA, sekaligus juga merayakan bersama salah satu hari penting keagamaan bagi para warga muslim Indonesia di PEA.

        Acara ramah tamah dan silaturahmi berlangsung dalam suasana yang penuh keakraban dan kekeluargaan diantara warga yang hadir.

        Tampak pula para warga dengan tertib membuat antrean panjang menunggu giliran untuk mencicipi aneka hidangan yang tersedia, mulai dari menu khas Idul Adha hingga aneka hidangan penutup, buah dan minuman yang disajikan.

        Para warga menikmati hidangan yang disajikan kali ini, yaitu lontong, opor ayam, sambal goreng hati dan kentang pedas, daging teriyaki, gulai sayuran serta tidak ketinggalan kerupuk sebagai pelengkap hidangan yang ada.

        Selain itu, disajikan pula aneka kue hidangan penutup, es buah dan aneka minuman ringan. Ada pula beberapa anggota masyarakat yang turut menyumbangkan aneka hidangan.

        Para warga masyarakat Indonesia yang hadir menyatakan rasa terima kasih mereka dan sangat mengapresiasi upaya KJRI Dubai yang secara rutin setiap tahunnya melaksanakan kegiatan ini.

        Menurut mereka pula, kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai sarana untuk saling lebih mengenal, mempererat komunikasi dan membina silaturahmi diantara sesama warga masyarakat Indonesia di PEA.  ***3*** (ZG) 
(T.H-ZG/C/S023/S023) 29-10-2012 20:06:27

Tidak ada komentar: