Selasa, 22 Juni 2010

DUBES RI: ASEAN BERPERAN JAGA PERDAMAIAN

DUBES RI: ASEAN BERPERAN JAGA PERDAMAIAN

London, 22/6 (ANTARA) - Dubes Republik Indonesia untuk Bulgaria, Immanuel Robert Inkiriwang mengatakan, Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara atau ASEAN berperan penting dalam menjaga perdamaian dan mendorong kerja sama internasional.

"Keberhasilan ASEAN menjadikan Asia Tenggara sebuah kawasan yang aman dan stabil secara politik dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat dinamis," ujar Dubes dalam ceramah bertema "ASEAN: Development and Transformation" di hadapan 25 calon diplomat Bulgaria di Kemlu Bulgaria.

Demikian Sekretaris Ketiga (Informasi, Diplomasi Publik, Protokol&Konsuler) KBRI Sofia, Aditya Timoranto kepada koresponden ANTARA London, Selasa.

Dubes mengatakan, ASEAN berhasil mengembangkan hubungan kerja sama eksternal dan kemitraan yang sangat luas yang melibatkan "major powers" di dunia, seperti Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa (UE), Jepang, China dan India.
Menurut Dubes, ASEAN sedang mengalami proses transisi guna memperdalam integrasi dengan target perwujudan ASEAN Community dengan tiga pilar (Political-Security Community, Economic Community dan Socio-Cultural Community) di tahun 2015 dengan berlakunya ASEAN Charter sejak Desember 2008.

Sebagai salah satu negara pendiri ASEAN, Indonesia menjadikan ASEAN sebagai "corner stone" politik luar negeri dan berkomitmen untuk terus berperan aktif memainkan "leading role" untuk menjadikan ASEAN sebagai rule-based, effective and people-centered organization.

Berlakunya Charter telah menjadikan ASEAN dari suatu "loose association" menjadi a rule-based organization serta memberikan legal status untuk ASEAN.

Arti penting ASEAN dalam peningkatan hubungan dan kerja sama Indonesia-Bulgaria mengingat keanggotaan Bulgaria dalam UE sejak Januari 2007, terutama melalui kerangka kemitraan wicara ASEAN dengan UE serta ASEM, Sekretariat ASEAN berada di Jakarta,
Kedubes Bulgaria berada di Jakarta dan merangkap tiga negara ASEAN lainnya (Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura) serta Dubes Bulgaria di Jakarta telah diakreditasi sebagai Dubes Bulgaria untuk ASEAN.

Calon diplomat Bulgaria mengikuti dengan antusias paparan yang diberikan Dubes RI.

Dalam diskusi dan tanya jawab, dengan aktif mereka menanyakan hal-hal terkait dengan masa depan integrasi ASEAN serta kerja sama ASEAN dengan UE.

Direktur Diplomatic Institute Kemlu Bulgaria, Tanya Mihaylova menyatakan bahwa ceramah dimaksud merupakan bagian dari pelatihan diplomatik dasar yang diselenggarakan Diplomatic Institute untuk membekali calon diplomat Bulgaria.

Disampaikan keyakinannya bahwa ceramah tersebut akan meningkatkan pemahaman para calon diplomat Bulgaria mengenai peran ASEAN dalam politik internasional yang sangat perlu mereka ketahui. Di Bulgaria terdapat dua perwakilan negara anggota ASEAN, yaitu Indonesia dan Vietnam. ***4*** (U-ZG)

(T.H-ZG/B/S023/S023) 22-06-2010 14:18:15

Tidak ada komentar: