Sabtu, 12 Juni 2010

PROMOSI PERDAGANGAN DAN INVESTASI JABAR DI LEIPZIG JERMAN

PROMOSI PERDAGANGAN DAN INVESTASI JABAR DI LEIPZIG JERMAN

London, 12/6 (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman memfasilitasi kegiatan Misi Dagang dan Investasi dari BKPMD Provinsi Jawa Barat, di kota Leipzig, Jerman.

Misi tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan delegasi Provinsi Jawa Barat selama di Jerman dalam rangka mempromosikan potensi ekonomi dan peluang investasi yang didukung perwakilan Indonesia di Jerman.

Counsellor Pensosbud KBRI Berlin, Agus Priono kepada koresponden Antara London, Sabtu mengatakan delegasi Jawa Barat beranggotakan 17 peserta, terdiri atas sektor swasta dan pemerintah sebelumnya mengikuti kegiatan pameran produk kopi, teh dan kakao "COTECA" di Hamburg.

Agus Priono mengatakan selama kunjungan di Leipzig, delegasi Provinsi Jabar mengadakan pertemuan dengan lembaga terkait di antaranya Kepala Bidang Perekonomian Pemerintah Kota Leipzig, Michael Schimansky, Direktur Eksekutif Kadin Thomas Hoffmann, Direktur Pelaksana Maxicom GmbH (perusahaan swasta di Leipzig yang memberikan dukungan bagi para investor), Mathias Rose.

Dalam acara temu bisnis di kantor Kadin Leipzig ( Industrie- und Handelkammer zu Leipzig ), Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Jawa Barat, Agus Gustiar, memaparkan berbagai potensi perdagangan dan peluang investasi di Jawa Barat baik kepada sektor pemerintah maupun swasta di kota Leipzig.

Paling tidak, lima peluang investasi yang ditawarkan yaitu di bidang infrastruktur terkait dengan pembangunan bandara internasional , bidang kesehatan, sanitasi dan energi .

Hal ini menyangkut pembangunan kawasan terpadu pengolahan daur ulang sampah, bidang ketahanan pangan berupa usaha peternakan sapi, pengolahan energi panas bumi, bidang kesehatan dan pendidikan seperti pengembangan pusat pendidikan tenaga terampil bidang keperawatan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Kadin Leipzig, Thomas Hoffmann, menyatakan pentingnya saling tukar menukar informasi antara kedua wilayah diharapkan dapat terwujud kerja sama konkret yang saling menguntungkan. Disebutkan bahwa hubungan antara Leipzig dan Indonesia sudah terjalin cukup lama.

Agus Priono menyebutkan pula kesiapan KBRI Berlin memfasilitasi kerja sama antara IHK Leipzig dengan BKPMD Jabar.

Kota Leipzig, di wilayah negara bagian Sachsen secara tradisi merupakan kota industri dan perdagangan.

Lokasinya yang berada di pusat Eropa, menjadikan kota tersebut sejak ratusan tahun yang lalu menjadi pusat kegiatan pameran penting di dunia.

Leipzig juga berdekatan dengan kawasan pertumbuhan ekonomi baru di negara negara Eropa Timur, sehingga banyak diminati para investor baik dalam maupun luar negeri.

Perusahaan-perusahaan otomatif besar Jerman seperti BMW, Porsche memproduksi model mobil terbaru di Leipzig. DHL Hub Leipzig, Future Electronics merupakan perusahaan logistik dunia yang juga membuka usahanya di Leipzig.

***2***
(U-ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 12-06-2010 05:48:25

Tidak ada komentar: