Rabu, 30 Juni 2010

MAHASISWA INDONESIA HILANG TERBAWA OMBAK DI INGGRIS

MAHASISWA INDONESIA HILANG TERBAWA OMBAK DI INGGRIS

London, 30/6 (ANTARA) - Seorang mahasiswa Indonesia di Newcastle, Inggris, Hery Kurniawan, hilang terbawa ombak ketika sedang berwisata di pantai Fistral Beach, Newquay, Cornwall, Minggu (27/6).

"Sampai saat ini Hery Kurniawan, yang kuliah di Northumbria University, Newcastle, masih belum ditemukan," ujar Sekretaris Tiga KBRI London Billy Wibisono dalam keterangannya kepada koresponden Antara London, Rabu.

Menurut Billy, Hery Kurniawan bersama rombongan mahasiswa Indonesia dari Newcastle yang berjumlah sekitar 10 orang sedang berwisata ketika musibah tersebut terjadi.

Pada saat yang sama, seorang mahasiswi Indonesia lainnya, Jennifer, sempat terbawa ombak namun dapat tertolong oleh penjaga pantai (life guard) yang bertugas di pantai Fistral saat itu.

Cuaca yang kurang baik serta ombak yang cukup tinggi pada saat kejadian merupakan beberapa hal yang tidak terduga di Pantai Fistral, yang biasanya dianggap cukup aman oleh pihak berwenang setempat.

Selain itu, pada saat kejadian, cukup banyak terdapat wisatawan lainnya yang berada di lokasi yaitu sekitar 2.000 orang.

KBRI London bekerja sama dan berkoordinasi erat dengan berbagai pihak terkait, antara lain Kepolisian Cornwall dan juga pihak "Coast Guard", untuk memantau keadaan terkini dan upaya pencarian dan pertolongan pertama (search and rescue) bagi Hery.

Selain itu, katanya, KBRI London juga mengirimkan petugas konsuler yang akan melanjutkan koordinasi serta bantuan dengan berbagai pihak berwenang di Cornwall untuk upaya "search and rescue" bagi Hery.

Menurut Billy Wibisono, selama dua hari terakhir pihak berwenang di Cornwall telah mengerahkan antara lain satu buah helikopter, 12 kapal SAR Coast Guard, sejumlah polisi patroli pantai serta kapal-kapal nelayan setempat untuk upaya pencarian Hery.

Usaha pencarian masih terus dilakukan oleh pihak berwenang di Cornwall melalui patroli-patroli reguler baik dari Coast Guard maupun dari pihak kepolisian setempat.

Sementara itu Counsellor Pensosbud KBRI London Herry Sudradjat , secara terpisah kepada koresponden Antara London, mengatakan, KBRI London telah mengirim Irawati Mamesah, sekretaris tiga KBRI London menuju Cornwall untuk menemui aparat kepolisian dan "Coast Guard" di Cornwall untuk melakukan koordinasi serta mencari informasi proses pencarian yang sedang mereka lakukan.

Ira juga akan menemui Jennifer, teman korban yang selamat dan dirawat di rumah sakit Cornwall untuk memberikan bantuan yang diperlukan. "Saat ini kondisi korban telah sehat setelah dirawat selama beberapa waktu di rumah sakit," demikian Herry Sudradjat. ***3***
(U.H-ZG/B/A041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 30-06-2010 09:46:05

Tidak ada komentar: