Sabtu, 12 Juni 2010

KONJEN UNTUK DUBAI SERAHKAN SURAT TAULIYAH

KONJEN UNTUK DUBAI SERAHKAN SURAT TAULIYAH

London, 12/6 (ANTARA) - Konsul Jenderal RI untuk Dubai Mansyur Pangeran menyerahkan surat tauliyah atau surat kepercayaan kepada Sheikh Hamdan Bin Rashid Al Maktoum Deputy Ruler yang juga sebagai Menteri Keuangan Keemiran Dubai di Istana Az Zaabel Dubai.

Proses penyerahan surat tauliyah tersebut berlangsung secara sederhana baru-baru ini .

Deputy Ruler Sheikh Hamdan bin Rashid Al Maktoum hanya didampingi Deputy Chief of Protocol dan Staf Khusus Deputy Ruler, sedangkan Konjen Mansyur Pangeran tanpa adanya pendamping, ujar Pensosbud KJRI Dubai Yana Rudiyana kepada koresponden Antara London, Sabtu.

Pada kesempatan itu, Sheikh Hamdan Bin Rashid Al Maktoum menyambut baik kedatangan Konjen RI yang baru di Dubai dan berharap sebagai Konjen yang baru akan dapat meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia dan Keemiran Dubai.

Sheikh Hamdan Bin Rashid Al Maktoum juga menegaskan pihaknya akan memberikan bantuannya dalam upaya memperlancar tugas-tugas sebagai Konjen RI yang baru khususnya dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral .

Dalam pembicaraan yang cukup singkat tersebut, Sheikh Hamdan Bin Rashid banyak menanyakan tentang pembangunan ekonomi di Indonesia antara lain tentang pendapatan utama, produk-produk ekspor utama Indonesia ke Dubai dan dari Dubai ke Indonesia, dan mengenai masyarakat Indonesia di Dubai.

Pada kesempatan itu, Konjen Mansyur Pangeran menjelaskan selain minyak dan gas Indonesia juga mempunyai berbagai produk kelautan seperti ikan tuna, udang, produk pertanian seperti karet, kayu, kelapa sawit, rotan, cocoa, teh, kopi, rempah-rampah, dan pertambangan seperti batubara, emas, bijih besi, alumanium, timah.

Konjen juga menjelaskan berbagai produk komoditi lainnya seperti garmen serta produk hasil olahan miliputi serta alas kaki .

Sheikh Hamdan bin Rashid Al Maktoum sangat terkesan dengan produksi Indonesia yang banyak masuk di pasaran Dubai di wilayah Northern Emirates lainnya, seperti furnitur, perhiasan, emas, bahan-bahan makan, buah-buahan segar, teh, ban, tekstil, produksi garmen, perlengkapan kendaraan seperti batterei mobil, barang listrik, elektronik, kertas, kendaraan Kijang Inova dan Toyota Fortuner yang jumlah ekspor selama tahun 2009 sebesar 1.029 miliar dollar AS.

Selanjutnya, Konjen juga menjelaskan bahwa Indonesia mempunyai potensi geothermal yang merupakan salah satu terbesar di dunia yang belum seluruhnya dimanfaatkan dan potensi pariwisata yang cukup menjanjikan untuk berinvestasi.

Sheikh Hamdan Bin Rashid Al Maktoum berkeinginan untuk membantu meningkatkan hubungan ekonomi perdagangan dan investasi antara Dubai dan Indonesia selama masa tugas konsul jenderal yang baru.


***1***
(U-ZG) /C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 12-06-2010 06:39:10

Tidak ada komentar: