Kamis, 17 Juni 2010

SENI LUKIS INDONESIA DIPAMERKAN DI ROMA

SENI LUKIS INDONESIA DIPAMERKAN DI ROMA

London, 18/6 (ANTARA) - Karya seni lukis seniman Budi Ubrux dan perupa muda asal Yogyakarta yang bertema "Una finestra sul Mondo" (sebuah jendela dunia) dipamerkan secara bersama selama tiga hari di Roma.

"Pameran karya seni Indonesia di Roma dilakukan atas kerja sama Galeri La Fornace, Siena, dan KBRI Roma," ujar Counsellor Pensosbud, KBRI Roma Musurifun Lajawa kepada koresponden Antara London, Jumat.

La Fornace adalah satu-satunya galeri di Italia yang menyimpan koleksi karya seni pahat dan lukis Indonesia. Pameran di Roma itu digelar setelah sukses dengan pameran yang sama di Siena, kota Renaisans, Italia, selama dua minggu pada Mei lalu.

Musurifun Lajawa mengatakan karya-karya lain yang menyertai yaitu lukisan tiga perupa terkenal dari Bali, Nyoman Wardika, Ngurah Atmaja, dan Nyoman Suarsa, serta karya pemahat dari Jakarta, Iriantine Karnaya dan A.D. Taufan.

"Berbagai koleksi karya seni Indonesia menghiasi hampir semua sudut utama Galeri Mycupoftea, di pusat kawasan wisata Roma," ujarnya.

Menurut Direktur La Fornace, Dr. Piero Giadrossi, seniman Indonesia mampu menghasilkan karya bermutu tetapi sayangnya belum banyak dikenal di Eropa.

"Ketika melihat karya Ubrux dilelang di Singapura pada tahun 2007, saya langsung tertarik," katanya.

Setahun kemudian, dia menemui Ubrux di Bantul, Yogyakarta untuk mempersiapkan kerja sama promosi di Eropa. Setelah dua tahun, Giadrossi dan Budi Ubrux berhasil mengadakan pameran perdana di Siena, bulan lalu.
Selama tiga hari pameran, pengunjung galeri menunjukkan apresiasi terhadap karya seni Indonesia, terutama karya Budi Ubrux.

Giadrossi mengatakan karya Budi Ubrux tidak hanya memiliki keunikan serta teknik lukis yang sangat baik, tetapi juga pesan moral yang penting bagi kebutuhan manusia yang hidup di era digital dewasa ini.
Sementara itu, Dubes RI Roma, Mohamad Oemar, mengatakan pameran karya seni merupakan bagian penting dari piranti lunak diplomasi RI.

"Melalui pameran karya seni, Indonesia dapat secara efektif memperkenalkan budaya dan peradaban luhur bangsa yang pada gilirannya akan memperkokoh saling pengertian dan tali persahabatan antarbangsa," demikian Dubes Mohamad Oemar.***4***(H-ZG)
(T.H-ZG/B/E011/E011) 18-06-2010 05:56:03

Tidak ada komentar: