Selasa, 22 Juni 2010

GAMELAN JAWA IRINGI ACARA ORDO TEMPLI HIEROSOLYMITANI

GAMELAN JAWA IRINGI ACARA ORDO TEMPLI HIEROSOLYMITANI

London, 22/6 (ANTARA) - Nada-nada gamelan mengalun dalam acara resepsi pertemuan tahunan Ordo Templi Hierosolymitani yang diselenggarakan di salah satu hotel berbintang empat di daerah industri di Arezzo, Italia.

Pejabat Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Vatikan, Bonifacius Riwi Wijayanto kepada koresponden Antara London, Selasa mengatakan kelompok gamelan KBRI Vatikan yang beranggotakan warga Italia melantunkan langgam-langgam seperti Sawega Gati, Sampur Kuning, dan tidak ketinggalan Gundul-Gundul Pacul.

Bonifacius Riwi Wijayanto menjelaskan anggota Ordo Templi Hierosolymitani yang hadir dalam acara tersebut, menunjukkan apresiasi dan kekagumannya.

Dikatakannya , di sela-sela jeda pementasan , beberapa undangan yang hadir menghampiri panggung dan meminta para pemain gamelan untuk menjelaskan mengenai gamelan dan cara memainkan gamelan.

Menanggapi antusiasme tersebut, pemain gamelan KBRI Vatikan secara spontan memberikan semacam "klinik " kursus singkat musik kepada para undangan yang hadir.

Apresiasi terhadap kesenian tradisional Indonesia tersebut juga ditunjukkan dari tawaran yang diterima oleh KBRI Vatikan untuk menampilkan kesenian Jawa dalam acara yang diselenggarakan oleh anggota Ordo Templi di Napoli Italia.

Undangan yang hadir pada umumnya menilai penampilan gamelan sebagai suatu hal yang unik dan mampu memberikan sentuhan tersendiri dalam acara dimaksud.

Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan, Suprapto Martosetomo yang diundang secara khusus dalam acara tersebut, menyampaikan apresiasinya kepada Ordo Templi Hierosolymitani yang memberikan kesempatan kepada gamelan untuk tampil dalam acara yang hanya dihadiri oleh anggota Ordo yang merupakan warga elit di Italia.

Hal ini menunjukkan kesenian Indonesia, khususnya gamelan, mendapat tempat di hati masyarakat Italia. Untuk itu, Dubes Suprapto mendorong kesenian tradisional Indonesia yang lainnya mampu hadir di Italia dalam memperkaya khazanah pengetahuan masyarakat setempat akan kayanya kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Seusai acara, pemimpin Ordo Templi Hierosolymitani, Gran Maestro Enzo Mattani di Kerak memberikan pedang Ordo sebagai penghargaan dan apresiasi kepada Duta Besar RI.

Dubes RI menyampaikan hal yang senada dan mengharapkan di masa akan datang, akan makin banyak peluang kerja sama di bidang sosial budaya
***4***
U-ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 22-06-2010 13:35:35

Tidak ada komentar: