Jumat, 18 Juni 2010

UII INGIN JADI "PT KELAS DUNIA"

UII INGIN JADI "PT KELAS DUNIA"

Colchester,Inggeris 18/6 (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Indonesia Yogjakarta , Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec mengatakan UII menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di Inggris guna mewujudkan UII sebagai perguruan tinggi kelas dunia.

"UII tidak bisa menafikan kompetisi keras diantara perguruan tinggi dan UII tidak hanya bersaing dengan pergurunan tinggi lokal tetapi juga global" ujar Prof Edy Suandi Hamid dalam wawancara dengan koresponden Antara London, di Kampus Universitas Essex, Colchester, Inggris, Kamis sore.

Kehadiran Rektor UII di Kerajaan Inggris bersama mantan Direktur Kerjasama UII dan International Program Fakultas Ekonomi UII, Drs Akhsyim Afandi, MA, Ph.D serta Sekretaris International Program FE UII, Ayu Chairina Laksmi SE, MAC, MRes, Ak adalah dalam rangka melakukan kerja sama dengan berbagai universitas di Inggris.

Ditemui di Kampus Universitas Essex, Colchester, Edy Suandi mengadakan pertemuan dengan Dekan Pengembangan Internasional Universitas Essex, Prof Martin Henson untuk membahas program kerja sama UII dengan Universitas Essex khususnya program short course dan entrepreneurship yang mendapat simulasi dari British Council Jakarta.

Kerja sama dengan berbagai universitas di Inggris untuk menjadikan UII sebagai perguruan tinggi kelas dunia atau "world class university ", bukan hanya sekedar slogan melainkan juga sesuatu yang tidak sulit untuk diwujudkan.

Menurut Edy, UII tidak pernah kekurangan mahasiswa yang setiap tahun mendaftar lebih dari 10 ribuan sementara daya tampung UII hanya sekitar 3500 an.

UII tidak hanya ingin meningkatkan pendaftaran dan jumlah mahasiswa melainkan juga bisa menerima mahasiswa asing dengan memperbanyak kerja sama dengan universitas di luar negeri.

Dalam rangka menjalin kerja sama dengan universitas asing terutama di Inggris, maka UII juga membutuhkan dukungan dari Perwakilan Indonesia di luar negeri seperti KBRI London, ujar Prof Edy yang sempat mengadakan pertemuan dengan Dubes RI untuk Inggeris Yuri Thamrin.

Ia mengatakan sambutan Dubes sangat baik dan bahkan mengharapkan kerja sama dengan universitas di Inggris bisa diperluas dalam membentuk pusat studi Indonesia di berbagai universitas.

Di Indonesia , saat ini ada sekitar 3000 perguruan tinggi yang sebagian besar kurang bermutu , sehingga sebagai perguruan tinggi tertua, maka UII mencoba unggul baik di tingkat lolal maupun nasional untuk bisa diperhitungkan dan menjadi "world class university".

Apalagi UII sebagai universitas terbaik dalam menghasilkan karya ilmiah dari seluruh perguruan tinggi swasta masuk dalam 12 besar dan juga diatas peringkat perguruan tinggi negeri lainnya dalam konteks menghasilkan karya ilmiah. Universitas swasta tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri bahkan banyaknya juga alumni UII yang menduduki jabatan tinggi di pemerintahan dan juga di swasta.

Salah satu kinerja yang dinilai sebagai perguruan tinggi elas dunia dapat dilihat dari alumninya yang berhasil menduduki jabatan tinggi, ujarnya.

Dikatakannya, kerja sama yang dijalin UII di Inggris diantaranya dengan Universitas Bedfordshire dengan ditandatanganinya nota kesepakatan antara UII dengan University of Bedfordshire, Luton, Inggris yang dilakukannya dengan International Recruitment Manager Universitas Bedfordshire, Nasir Ahmed.

UII juga mencapai kesepakatan kerja sama dengan Universitas Gloucestershire yang salah intinya adalah membuka peluang bagi mahasiswa UII untuk mendapatkan dua gelar selain pertukaran mahasiswa, pertukaran staf pengajar , penelitian bersama dan pertukaran bahan referensi seperti biasa dilakukan UII, tetapi juga program gelar ganda.

Dikatakannya , cakupan materi nota kesepakatan yang ditandatangani tidak hanya diperuntukkan kepada program studi atau fakultas tertentu, melainkan juga bagi seluruh mahasiswa setiap fakultas yang ada di UII.

Dengan adanya kerja sama mahasiswa UII memiliki peluang untuk memperoleh dua gelar sekaligus dalam satu masa studi di Inggris? demikian Rektor UII, Prof. Edy Suandi Hamid.

***4***
(U-ZG)/B/A011
(T.H-ZG/B/A011/A011) 18-06-2010 07:20:35

Tidak ada komentar: