Jumat, 04 Juni 2010

UNGARIA DUKUNG KREATIVITAS LUKISAN ANAK INDONESIA

UNGARIA DUKUNG KREATIVITAS LUKISAN ANAK INDONESIA

London, 5/6 (ANTARA) - Puluhan lukisan anak-anak mancanegara termasuk dari Indonesia dipamerkan di lobby kantor Ombudsman Nasional Hungaria untuk meningkatkan perhatian umum terhadap keamanan dan kesejahteraan yang mendapat ancaman kekerasan, di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

"Hadir dalam acara pembukaan puluhan anak-anak Hungaria pecinta seni dan sejumlah seniman Hungaria, baik pelukis, penyanyi dan sastrawan serta pakar pendidikan," ujar Sekretaris II, Pelaksana Fungsi Pensosbud, KBRI Budapest, Annie Puspa Rosita, kepada kresponden ANTARA London, Sabtu.

Lukisan-lukisan yang dipamerkan adalah pilihan terbaik dari ribuan lukisan anak-anak mancanegara yang pernah mendapatkan penghargaan oleh Panitia Kompetisi Internasional anak yang diselenggarakan oleh "Hungaria Youth Center" sekali dalam dua tahun.

menurutnya, lukisan tersebut disimpan di Museum Youth Center di Zanka dan dimanfaatkan untuk pameran di berbagai tempat secara berkesinambungan.

Duta Besar Indonesia untuk Hongaria Mangasi Sihombing saat menghadiri kegiatan itu mengatakan pentingnya menambahkan kreatifitas anak-anak dan menanamkan rasa percaya diri bahwa mereka dihargai sebagai bagian integral masyarakat luas.

Prof. dr. Mate Szabo yang bertanggung jawab kepada parlemen Hungaria mencatat perlindungan bagi anak-anak dan ibu tidaklah terbatas pada perlindungan hukum atas kasus-kasus yang terjadi, tetapi lebih penting adalah pencegahan terjadinya tindak kekerasan dan perlakuan tak wajar melalui kampanye dan pendidikan umum.

Dalam sejumlah kompetisi Internasional yang dilaksanakan di Youth Center Zanka, karya anak-anak Indonesia berhasil meraih medali-medali, emas, perak dan perunggu.

Direktur Museum Youth Center Zanka, Dr. Kinga Bene mengatakan untuk kompetisi tahun ini pihak Indonesia mengirimkan lukisan anak-anak dari Sanggar Seni Anak-Anak Surabaya.

"Dengan pihak Hungaria telah dicapai kesepakatan untuk membawa pameran karya anak-anak ini ke Indonesia," demikian Annie Puspa.

***4***

(T.H-ZG/B/A025/A025) 05-06-2010 08:24:25

Tidak ada komentar: