Selasa, 29 Juni 2010

KRI DEWARUCI DUTA BANGA

TARUNA KRI DEWARUCI HARAPKAN MAMPU JADI DUTA BANGA

London, 29/6 (ANTARA) - Duta besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso mengharapkan taruna AAL yang mengikuti pelayaran KRI Dewaruci mampu menjadi duta bangsa dan diplomat Indonesia dalam misi-misi pelayarannya ke seluruh penjuru dunia.

Hal itu disampaikan Dubes Adiyatwidi Adiwoso dalam sambutannya pada acara cocktail party menyambut para taruna AAL yang bergabung dalam pelayaran KRI Dewaruci sekaligus untuk melepas KRI Dewaruci yang melanjutkan pelayarannya.

Sekretaris III/ Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Madrid, Krisnawati Desi Purnawestri mengatakan kepada koresponden ANTARA London, Selasa bahwa Dubes mengatakan pula Indonesia sebagai negara pepulauan terbesar, memerlukan Angkatan Laut yang tangguh untuk menjaga keutuhannya, terutama keamanan pulau-pulau terdepannya.

Acara cocktail yang diadakan di atas kapal Dewaruci tersebut dihadiri atase pertahanan negara-negara sahabat, kalangan diplomatik, serta masyarakat Indonesia yang berada di Costa del Sol, Spanyol serta Duber RI untuk Maroko dan Ny Tosari Widjaja.

Dalam acara tersebut ,para taruna berhasil memukau para undangan dengan pertunjukan kesenian dari berbagai daerah di tanah air .

Mereka juga menampilkan tari perang dari Papua, rantak dari Sumatera Barat, saman dari Aceh, reog ponorogo dari Jawa Timur, rampak gendang dari Jawa Barat, serta dimeriahkan pula dengan tari Poco-poco dengan mengajak seluruh hadirin untuk ikut berpartisipasi.

KRI Dewaruci yang berlabuh di Malaga, Spanyol , sejak tanggal 23 dikunjungi ratusan warga masyarakat sekitar yang melihat dari dekat kapal KRI Dewaruci dan menyaksikan sendiri ketangguhan kapal latih taruna AAL yang telah berusia 58 tahun tersebut.

KRI Dewaruci dipimpin komandan kapal Letkol. Suharto, dan diawaki 16 perwira, 16 bintara, dan 49 tamtama TNI AL saat merapat dan sandar di Pelabuhan Malaga, Spanyo, disambut Atase Pertahanan RI Madrid, pejabat protokol dan konsuler, serta pejabat pensosbud KBRI Madrid, yang didampingi Wakil Komandan Pangkalan AL Spanyol di Malaga, Sr. Pedro Jose Lopez.

Kunjungan Dewaruci sebelumnya di Malaga berlangsung pada tahun 2003.

Letkol. Suharto menjelaskan tentang rute yang dilalui dan pengalaman-pengalaman yang diperoleh selama pelayaran menjelajah Asia-Afrika-Eropa ini.

Dalam pelayarannya yang dimulai Maret dan akan berlangsung selama sembilan bulan ini, KRI Dewaruci menyinggahi 26 pelabuhan di 19 negara, dan Malaga adalah persinggahannya yang ke-14.

Komandan Soeharto menyampaikan bahwa tujuan pelayaran ini adalah untuk melatih para kadet mengenai pelayaran bintang, memperkenalkan budaya Indonesia yang terbagi ke dalam tiga daerah.

Dalam pertemuan tersebut, Letkol Suharto menceritakan suka-duka yang harus dialami para pelaut selama pelayaran. Pembicaraan juga berlangsung seputar reformasi pendidikan kadet TNI AL.***4***
(U-ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 29-06-2010 07:10:00

Tidak ada komentar: