Rabu, 16 Juni 2010

"Perempuan Berkalung Sorban" Sampai ke Bioskop Irlandia

"Perempuan Berkalung Sorban" Sampai ke Bioskop Irlandia

Rabu, 16 Juni 2010 06:49 WIB | Hiburan | Film/TV | Dibaca 980 kali
Perempuan Berkalung Sorban Sampai ke Bioskop Irlandia
(istimewa)
London (ANTARA News) - "Perempuan Berkalung Sorban" menjadi film Indonesia pertama yang ditayangkan di bioskop Irlandia. Sekitar 70 warga setempat menonton film itu di bioskop Filmbase, kawasan Temple Bar di pusat kota Dublin.

"Penayangan film tersebut merupakan inisiatif KBRI London bekerja sama dengan Asosiasi Masyarakat Indonesia-Irlandia (Indo-Irish Society), " ujar Counsellor Penerangan Sosial dan Budaya KBRI London, Herry Sudradjat kepada koresponden ANTARA London, Rabu.

Menurut Herry Sudradjat, gedung bioskop Filmbase di Irlandia dipilih sebagai tempat penayangan film tersebut selain karena tempatnya terletak di pusat keramaian kawasan wisata Dublin juga dikenal sebagai pusat pelatihan teknik pembuatan film bagi insan perfilman di Irlandia.

Dubes RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Republik Irlandia, Yuri Thamrin yang memberi sambutan pada awal pemutaran film menyatakan kegiatan itu merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan Indonesia yang selama ini masih belum banyak dikenal masyarakat Irlandia.

Salah seorang masyarakat Indonesia yang menetap di Irlandia selama 26 tahun, Maya Sunario, menyatakan gembira atas pemutaran film itu. Ia menilai karya sutradara Hanung Bramantryo itu sangat berkualitas dan jalan ceritanya sangat menarik.

Maya yang juga cucu dari mantan Menteri Luar Negeri Indonesia, Prof Sunario, mengungkapkan sangat terhanyut dengan jalan cerita tentang perempuan di tengah konflik antara pandangan tradisional dan modern itu.

Seorang turis Perancis di Irlandia yang mengaku bernama Reynold juga tidak menyembunyikan kekagumannya terhadap terhadap kualitas dan kemampuan akting dari para pemain di film tersebut.

Ketua Asosiasi Masyarakat Indonesia di Irlandia, Faisal Yusuf, mengharapkan agar pemutaran film Indonesia di Irlandia dapat dilakukan secara reguler dan menghadirkan sutradara serta pemain filmnya agar film Indonesia bisa mendapatkan tempat di kalangan perfilman Irlandia.

Kegiatan pemutaran film Indonesia di Irlandia tersebut merupakan salah satu dari rangaian kegiatan kunjungan kerja Dubes Yuri Thamrin ke Irlandia yang diantaranya juga melakukan temu bisnis, pertemuan dengan Sekjen Kementrian Luar Negeri setempat, pertemuan dengan Ketua Parlemen Irlandia dan Direktur Jenderal televisi nasional Irlandia, RTE, demikian Herry Sudradjat.(U-ZG/A038)

COPYRIGHT © 2010

Tidak ada komentar: