Rabu, 09 Juni 2010

KOPI, TEH DAN COKLAT INDONESIA DIMINATI DUNIA

KOPI, TEH DAN COKLAT INDONESIA DIMINATI DUNIA

London, 9/6 (ANTARA)- Para pengusaha importer, trader dan broker serta pemilik cafe dari berbagai negara seperti Jerman, Inggris, USA, Lebanon, Serbia, Polandia, mencari biji kopi, coklat atau daun teh berkualitas dari Indonesia.

Hal itu terlihat banyaknya pengunjung stand Indonesia di pameran internasional pertama untuk komoditi kopi, teh dan coklat "Coteca" yang dibuka secara resmi Dubes RI Berlin, Eddy Pratomo didampingi Presiden Hamburg Messe & Congress GmbH, Bernd Aufderheide.

KJRI Hamburg dalam keterangan persnya kepada koresponden ANTARA London, Rabu menyebutkan Stand Indonesia disponsori KJRI Hamburg, KBRI Berlin dan ITPC Hamburg diisi tujuh co-exhibitor dari Indonesia yaitu Asosiasi Eksportir Kopi dan Industri Indonesia, Asosiasi Teh Indonesia, Morning Glory Coffee International, Paris Van Java Specialty Coffee, KBP Chakra, NIVAG dan Nase Mulia.

Selama tiga hari pameran dilaksanakan, stand Indonesia dikunjungi oleh lebih dari 1.800 orang pengunjung 188 orang diantaranya merupakan prospective buyers yang sepakat untuk menindaklanjuti transaksi bisnis dengan para co-exhibitor Indonesia pasca pameran.

Selama pameran tercatat adanya transaksi bisnis langsung di tempat dan permintaan pengiriman sebanyak 15 kontainer untuk biji kopi, enam kontainer untuk biji coklat, dan lima kontainer untuk teh dengan nilai transaksi yang dapat direalisasikan langsung pasca pameran mencapai 568.000 dolar AS.

Para peserta pameran dari Indonesia bertemu dengan beberapa pembeli lama, sejumlah calon pembeli baru, serta menjalin komunikasi dengan masing-masing Sekjen Asosiasi kopi, teh maupun coklat Jerman.

Dari hasil pembicaraan bisnis selama pameran akan segera ditindaklanjuti setibanya di tanah air dan secara umum, para co-exhibitor Indonesia merasa puas dengan hasil-hasil yang dicapai selama pameran "Coteca" berlangsung.

Menurut Hamburg Messe, selaku penyelenggara Coteca, tercatat sekitar 3.000 pengunjung dari 25 negara hadir selama pameran berlangsung lebih dari 100 perusahaan yang berasal dari 17 negara memamerkan seluruh rangkaian value chain untuk ketiga komoditi tersebut.

Selain pameran, Coteca juga menyelenggarakan dua hari konferensi internasional dengan menampilkan 30 pembicara dari empat benua membahas arah perkembangan perdagangan kopi, teh dan coklat di masa depan. Coteca berikutnya akan diselenggarakan pada bulan Juni 2012. ***2***(U-ZG)

(T.H-ZG/B/S025/C/S025) 09-06-2010 16:21:25

Tidak ada komentar: