Senin, 28 Juni 2010

PAMERAN INDONESIA "LANDSCAPE OF DIVERSITY" DI LONDON

PAMERAN INDONESIA "LANDSCAPE OF DIVERSITY" DI LONDON

London, 28/6 (ANTARA) - Pameran Instalasi kayu Indonesia yang terinspirasi dari motif batik, digelar Alur Design Group, kelompok arsitektue Indonesia di London dalam festival arsitektur London, ?London Festival of Architecture 2010 yang digelar The Music Room, Mayfair hingga tanggal 4 Juli mendatang.

Alur Design Group mencoba mentransformasikan warisan budaya Indonesia ke dalam arsitektur modern dengan menggunakan sistem computer modeling, ujar jurubicara Alur Group Rizki Nindito kepada koresponden Antara London, Senin.

Menurut Rizki, Instalasi Indonesia pada London Festival of Architecture 2010, menunjukan bagaimana topografi negeri ini dapat berperan penting dalam ranah diskusi kontemporer.

Instalasi ini akan berfungsi sebagai ruang eksperimental, yang mengakomodasi interaksi yang terjadi antara motif batik dari berbagai wilayah di Indonesia, ujarnya.

Pameran Indonesia ini adalah bagian dari Ajang Arsitektur Internasional (International Architecture Showcase) yang diprakarsai British Council dan Architecture Foundation pada London Festival of Architecture.

Menurut Rizki Nindito, ketika London sedang berbenah diri menyambut olimpiade 2012, para perencana kota, arsitek dan komunitas lokal memainkan peranannya menjadikan London kota yang lebih terbuka sesuai dengan tema festival ini, "The Welcoming City".

Dikatakannya Festival yang terbuka bagi seluruh masyarakat untuk terlibat di berbagai diskusi yang ada, pengerjaan proyek, investigasi tentang bagaimana membuat London menjadi lebih baik dengan cara yang sangat menyenangkan.

Berbagai kegiatan tambahan mengiringi acara utama - sebagian besar berupa acara di akhir pekan - sementara yang lainnya berjalan sepanjang periode festival.

Menurut Rizki, Sekitar 30 kedutaan besar yang turut serta dalam acara ini, termasuk Indonesia mengirimkan wakilnya dalam pameran instalasi yang pertama kalinya Kedutaan Besar Indonesia berpartisipasi dalam London Festival of Architecture.

Rizki Nindito mengatakan British Council sebagai penggagas menghubungi Atase Perdagangan KBRI London Husniaty untuk menggalang arsitek arsitek muda Indonesia untuk berpartisipasi dan mendukung industri kreatif di Indonesia.

Ada beberapa proposal pameran dan instalasi yang diterima Kedutaan Besar Indonesia yang salah satunya adalah yang diajukan oleh Alur Design Group.

Alur adalah studio kreatif multi-disiplin yang digawangi sekelompok arsitek dan perancang muda Indonesia yang berkiprah di London mereka adalah Prama Milyardi, Rizki Nindito, Ardes Perdhana, Olivia Putihrai, Monique Suksmaningsih dan Kuncara Wicaksana.

Minat arsitek Indonesia di bidang seni dan arsitektur, dan keinginan mempromosikan kebudayaan Indonesia mendorong mereka menghasilkan design instalasi dan pameran yang akhirnya akan mewakili Indonesia di ajang London Festival of Architecture 2010.

Instalasi yang berjudul Landscape of Diversity (Tapak Keberagaman) ini terinspirasi dari kekayaan budaya dan tradisi asli Indonesia yang sangat beragam dan mengagumkan, kata Rizki.***2***
(U-ZG)

(T.H-ZG/B/S006/S006) 28-06-2010 05:33:19

Tidak ada komentar: