Kamis, 24 Juni 2010

KRI DEWA RUCI SANDAR DI MALAGA SPANYOL

KRI DEWA RUCI SANDAR DI MALAGA SPANYOL

London, 25/6 (ANTARA) - Setelah lego jangkar selama tiga hari di perairan Spanyol, akhirnya KRI Dewaruci merapat dan sandar di Pelabuhan Malaga, Spanyo, demikian Sekretaris III/ Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Madrid, Krisnawati Desi Purnawestri kepada koresponden ANTARA London, Jumat.

KRI Dewaruci dipimpin Komandan Kapal Letkol. Suharto, dan diawaki 16 perwira, 16 bintara, dan 49 tamtama TNI AL RI ini disambut oleh Atase Pertahanan RI Madrid, Pejabat Protokol dan Konsuler, serta Pejabat Pensosbud KBRI Madrid, yang didampingi oleh Wakil Komandan Pangkalan AL Spanyol di Malaga, Sr. Pedro Jose Lopez.

Komandan kapal, Letkol. Suharto mengundang para staf KBRI Madrid dan Pedro untuk melihat-lihat kapal serta berkenalan dengan para awak kapal, kata Krisnawati.

Pada kesempatan itu terjalin pembicaraan yang hangat dan akrab antara semua pihak, yang utamanya menyatakan kegembiraan atas hadirnya KRI Dewaruci untuk kedua kalinya ke Malaga.

Kunjungan Dewaruci sebelumnya di Malaga berlangsung pada tahun 2003.

Letkol. Suharto menjelaskan tentang rute yang dilalui dan pengalaman-pengalaman yang diperoleh selama pelayaran menjelajah Asia-Afrika-Eropa ini.

Dalam pelayarannya yang dimulai Maret lalu dan akan berlangsung selama sembilan bulan ini, KRI Dewaruci menyinggahi 26 pelabuhan di 19 negara, dan Malaga adalah persinggahannya yang ke-14.
Kesempatan ramah-tamah tersebut dilanjutkan dengan kunjungan perkenalan (courtesy call) Letkol Suharto kepada para pejabat AL maupun pemerintahan setempat di Malaga.

Acara perkenalan dimulai dengan kunjungan kepada Komandan Pangkalan AL Spanyol di Malaga, yang dilanjutkan dengan pertemuan dengan Wakil Gubernur Andalucia untuk Wilayah (Residen) Malaga. Menutup rangkaian courtesy call tersebut, adalah pertemuan dengan Alcalde/ Walikota Malaga.

Dalam ertemuan tersebut para pejabat tersebut menyampaikan sambutannya yang hangat atas kedatangan tim KRI Dewaruci ke Malaga/ Spanyol, sedangkan Komandan Soeharto menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat kepada KRI Dewaruci dan para awaknya di Spanyol, khususnya Malaga.

Dikatakannya hubungan antara Indonesia dengan Spanyol selama ini telah berlangsung dengan sangat baik, dan akan tetap ditingkatkan.

Komandan Soeharto menyampaikan bahwa tujuan pelayaran ini adalah untuk melatih para kadet mengenai pelayaran bintang, memperkenalkan Budaya Indonesia yang terbagi ke dalam tiga daerah.

Beberapa pertunjukan yang digelar pada kesempatan tersebut, serta untuk mengikuti berbagai festival kapal layar tiang tinggi di berbagai negara.
Sementara itu, Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso, menerima undangan Komandan Kapal, Letkol Soeharto, untuk mengunjungi kapal latih kadet TNI AL tersebut.

Kunjungan itu dilakukan setelah perkenalan Komandan Kapal kepada Duta Besar sebagai perwakilan pemerintah RI di Kerajaan Spanyol, Kamis (24/6. )
Dalam pertemuan-pertemuan tersebut Letkol Suharto menceritakan suka-duka yang harus dialami para pelaut selama pelayaran. Pembicaraan juga berlangsung seputar reformasi pendidikan kadet TNI AL.

Pada hari kedua sandar KRI Dewaruci di Malaga tersebut, dibuka pula kesempatan kepada publik untuk melihat-lihat kapal dari dekat. dengan dilakukannya "open ship".

Masyarakat dapat merasakan bagaimana suasana di atas kapal Dewaruci yang telah mengarungi berbagai penjuru dunia selama 58 tahun.

Antusias masyarakat dan turis untuk melihat kapal ini cukup besar, begitu pula dengan pihak persnya. Beberapa wartawan media cetak dan elektronik lokal telah meliput kedatangan kapal ini bahkan sejak beberapa hari sebelum kedatangan kapal.
Sementara itu, beberapa perwira melakukan pertandingan olahraga persahabatan dengan anggota Angkatan Udara Spanyol. Pertandingan persahabatan seperti ini merupakan tradisi kru KRI Dewaruci di setiap persignan mereka.

Bahkan di beberapa kota sebelumnya, para kru Dewaruci tidak jarang memenangkan berbagai pertandingan.

KRI Dewaruci akan berada di Malaga sampai Sabtu dan hari dilaksanakan resepsi berupa cocktail reception di atas kapal, demikian Krisnawati Desi Purnawestri. ***4***

(T.H-ZG/B/F002/F002) 25-06-2010 12:35:08

Tidak ada komentar: